Bantu merawat rambut rusak akibat bleaching, ini cara membuat scrub kulit kepala pakai 5 bahan alami

Bantu merawat rambut rusak akibat bleaching, ini cara membuat scrub kulit kepala pakai 5 bahan alami

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @smoomskin pada (4/9/2022) lalu. Melalui unggahannya, ia memberikan cara membuat scrub kulit kepala untuk merawat rambut rusak karena bleaching pakai 5 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah gula pasir, jojoba oil, castor oil, rosemary oil, dan peppermint oil.

"DIY SCALP SCRUB for my damaged bleached hair (DIY SCRUB KULIT KEPALA untuk rambut rusakku karena bleaching)," tulisnya dalam video unggahan, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @smoomskin, Selasa (18/4).

Membuat scrub kulit kepala untuk rawat rambut rusak karena bleaching dari 5 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Gula pasir bisa kamu manfaatkan sebagai bahan untuk scrub kulit kepala, karena teksturnya yang seperti butiran mampu mengangkat kotoran dan residu yang menempel pada kulit kepala. Residu tersebut lah yang dapat membuat rambut jadi kering karena terhambatnya sebum untuk menutrisi rambut.

Sedangkan jojoba oil merupakan minyak alami yang kaya akan vitamin dan mineral yang mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin E, tembaga, dan juga zink. Jojoba oil adalah salah satu bahan yang bagus untuk melindungi kesehatan rambut dari dalam. Ketika rambut terasa kering dan dan gampang patah, rambut cenderung mudah rusak dan bercabang pada ujungnya. Terutama pada rambut yang rusak karena bleaching. Untuk itu, penggunaan jojoba oil dapat membantu mengatasi masalah-masalah rambut ini.

Castor oil juga merupakan bahan alami yang mampu merawat rambut rusak karena bleaching. Pasalnya, minyak ini memiliki sifat pelembap alami yang sangat berguna untuk menjaga kelembapan rambut, dan konsistensinya yang pekat membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk merawat rambut rusak, seperti kering dan bercabang.

Begitupun dengan rosemary oil yang carnosic acid yang dikenal dapat memperbaiki jaringan kulit akibat iritasi kulit kepala sekaligus meningkatkan kesehatan kulit kepala secara keseluruhan. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga mampu memperkuat rambut dan melindunginya dari kerusakan.

Tak terkecuali dengan peppermint oil yang juga dapat melembapkan dan memperbaiki kerusakan rambut akibat styling. Manfaat minyak peppermint adalah melembapkan folikel rambut dari dalam untuk mendapatkan rambut yang halus, berkilau, dan lembut. Kandungan menthol pada peppermint juga berperan sebagai vasolidator yang berefek melancarkan peredaran darah.

Pada beberapa kasus kebotakan, kerontokan yang terjadi diakibatkan aliran darah yang tidak lancar menuju folikel rambut. Dari kelima bahan-bahan yang sudah disebutkan, kamu bisa membuatnya sebagai scrub kulit kepala guna merawat rambut rusak akibat bleaching. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, simak langkah-langkahnya.


Bahan:

Membuat scrub kulit kepala untuk rawat rambut rusak karena bleaching dari 5 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@smoomskin

1. 2 sdm gula pasir
2. 1 sdm jojoba oil
3. 1 sdm castor oil
4. 2 tetes rosemary oil
5. 1 tetes peppermint oil

Cara membuat:

Membuat scrub kulit kepala untuk rawat rambut rusak karena bleaching dari 5 bahan alami Berbagai sumber

foto: TikTok/@smoomskin

1. Campur bahan-bahan yang sudah disebutkan pada mangkuk lalu aduk sampai merata
2. Aplikasikan para rambut khususnya bagian akar rambut dan kulit kepala
3. Gosok-gosok secara perlahan dan diamkan selama 10-15 menit
4. Bilas menggunakan air sampai bersih dan lanjutkan dengan penggunaan sampo serta kondisioner
5. Lakukan secara rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Video yang berisi cara membuat scrub kulit kepala untuk merawat rambut rusak karena bleaching pakai 5 bahan alami ini berhasil menyedot atensi puluhan ribu pengguna TikTok. Nggak hanya itu, video tersebut juga mendapat ratusan tanda suka.

@smoomskin My hair was so damaged after it SMOKED in the foils I have a darker toner applied now #bleachedhair #diyhaircare #damagedhair #fixmyhair #bleachdamage #hairtok #scalpscrub Afraid To Feel - LF SYSTEM

(brl/mal)

tags

STORIES