Autolembut dan antirontok, ini trik mengatasi rambut kasar pria pakai hair oil dari 2 bahan alami

Autolembut dan antirontok, ini trik mengatasi rambut kasar pria pakai hair oil dari 2 bahan alami

Brilio.net - Tak hanya wanita, keinginan untuk memiliki rambut sehat, lembut, dan mudah diatur juga impian bagi para pria. Namun sayangnya, akibat pengaruh lingkungan, rambut akan mudah kering dan kasar. Rambut yang kasar dan kering membuat rambut menjadi kusut dan susah untuk disisir, sehingga rambut akan terlihat berantakan. Lebih parahnya lagi bisa memicu kerontokan.

Mencuci rambut menggunakan air panas, terlalu sering memegang rambut, dan menata rambut dengan alat yang terlalu panas dapat membuat rambut mudah kering dan kasar hingga menyebabkan kusut. Apalagi kalau kerusakan rambut ini ditambah dengan faktor-faktor lain seperti penuaan dan gaya hidup yang tidak sehat.

Faktor-faktor ini bisa merusak kutikula rambut yang halus. Seiring waktu, minyak alami yang diproduksi kulit kepala dapat berkurang secara signifikan, sehingga rambut menjadi kering, kasar, dan kaku. Dengan menghindari melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan rambut menjadi cepat kering dan kasar juga menggunakan bahan-bahan yang tepat, maka rambut dapat menjadi lembut dengan mudah.

Nah, untuk merawat rambut kasar pada pria, kamu bisa melakukan perawatan di salon kecantikan, menggunakan berbagai produk hair care, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @brownboyselfcare pada 18 Juli 2021.

Melalui video yang diunggah, ia membagikan trik mengatasi rambut kasar pria pakai hair oil dari 2 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah argan oil dan peppermint oil.

Hair oil adalah minyak khusus rambut yang berfungsi untuk menjaga kelembapan, melembutkan, dan memberi kilau pada rambut. Salah satu produk perawatan rambut ini memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan rambutmu. Seperti melembapkan, menutrisi, dan memperkuat helai rambut.

"My homemade hair oil recipe (Resep minyak rambut buatan saya)," katanya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @brownboyselfcare, Kamis (25/5).

Trik mengatasi rambut kasar pria pakai hair oil dari 2 bahan alami Berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak argan mengandung asam lemak yang tinggi dan antioksidan kuat, seperti vitamin E, yang telah terbukti bermanfaat pada kulit kepala dan rambut. Manfaat argan oil untuk rambut salah satunya adalah kegunaannya sebagai pelembap pada kulit kepala dan rambut karena kandungannya yang tinggi asam lemak, terutama asam oleat dan asam linoleat.

Minyak ini telah terbukti dapat melumasi batang rambut dan membantu rambut mempertahankan kelembapannya. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, argan oil juga kaya akan vitamin E yang memberikan antioksidan esensial dan mampu memberikan lapisan lemak pada rambut dan kulit kepala. Lewat cara ini, kamu dapat mencegah terjadinya rambut kering dan kasar, hingga membantu mengurai rambut yang kusut serta membuatnya lebih berkilau.

Sementara itu, peppermint oil merupakan salah satu minyak esensial yang juga bisa kamu manfaatkan untuk melembapkan dan mengatasi rambut kasar. Minyak ini dapat mengunci kelembapan sehingga rambut akan lebih lembap dan tampak lebih sehat. Kandungan mentol didalamnya juga akan membuat kulit kepalamu terasa lebih fresh dan rambut jadi bebas bau.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES