7 Cara mengatasi rambut yang mengembang tanpa catokan, hindari terlalu sering keramas

7 Cara mengatasi rambut yang mengembang tanpa catokan, hindari terlalu sering keramas

1. Jangan Terlalu Sering Keramas

Cara mengatasi rambut mengembang Istimewa

foto: freepik.com

Masih banyak orang yang berpikir jika sering keramas bisa membuat rambut yang dimilikinya menjadi sehat, berkilau dan bersih. Padahal, terlalu sering keramas bisa membuat rambut menjadi kering. Rambut yang kering dapat menyebabkan rambut mengembang. Selain itu, terlalu sering keramas bisa menyebabkan kulit kepala terkelupas, karena penggunaan sampo yang mengandung bahan kimia bisa mengakibatkan pengelupasan pada kulit kepala.

Walaupun kulit kepala harus terhindar dari kotoran dan minyak, terlalu sering keramas malah akan membuat kondisi rambut menjadi lebih parah. Sebab, kondisi rambut yang kering juga bisa menimbulkan berbagai permasalahan pada rambut dan kulit kepala. Sebaiknya, keramas dilakukan setiap 2-3 hari sekali.

2. Jangan skip conditioner

Cara mengatasi rambut mengembang Istimewa

foto: freepik.com

Conditioner merupakan produk perawatan rambut yang dapat memberikan kelembapan pada rambut dan kulit kepala. Penggunaan conditioner sering dilewatkan oleh banyak orang karena dianggap tidak memberikan efek apapun.

Padahal, dengan menggunakan conditioner secara rutin dapat secara efektif mengatasi rambut yang mengembang. Karena dengan menggunakan conditioner dapat menjaga rambut agar tetap sehat, lembap dan ternutrisi, sehingga terhindar dari rambut kering penyebab rambut mengembang.

3. Hindari produk rambut yang memiliki kandungan alkohol

Cara mengatasi rambut mengembang Istimewa

foto: freepik.com

Salah satu penyebab rambut mengembang adalah iritasi karena penggunaan produk yang mengandung terlalu banyak alkohol. Bahan kimia pada produk perawatan rambut yang digunakan dalam jangka panjang justru akan merusak kondisi rambut.

Penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung alkohol bisa membuat rambut menjadi kering karena alkohol dapat mengurangi dan menghilangkan kelembapan alami pada rambut. Sebaiknya hindari penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung alkohol agar terhindar dari permasalahan rambut kering, mengembang, hingga ramabut patah karena pengaruh alkohol yang membuat akar rambut menjadi lemah.

4. Jangan terlalu sering styling rambut

Cara mengatasi rambut mengembang Istimewa

foto: freepik.com

Styling rambut dengan menggunakan peralatan yang memiliki suhu panas dan bahan kimia bisa menyebabkan iritasi. Selain itu, penggunaan alat hair styling dapat menyebabkan rambut menjadi kering apabila digunakan terus menerus pada rambut.

Jadi, melakukan styling rambut ketika kondisi rambut sedang rusak dan mengembang bisa memperparah kondisinya. Sebaiknya jika harus menggunakan alat styling rambut, gunakan vitamin atau pelindung panas terlebih dahulu agar rambut bisa terlindung dari suhu panas alat styling.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES