7 Cara memanfaatkan teh hijau untuk mencegah kerontokan rambut, alternatif pengganti sampo

7 Cara memanfaatkan teh hijau untuk mencegah kerontokan rambut, alternatif pengganti sampo

2.Masker rambut teh hijau

13 Manfaat teh hijau untuk rambut  2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain bisa digunakan untuk keramas, teh hijau juga bisa kamu gunakan sebagai masker rambut. Cara memanfaatkan teh hijau untuk masker rambut juga sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyediakan teh hijau dan air panas secukupnya saja.

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyeduh teh hijau dengan air panas. Usahakan kamu menggunakan sedikit air untuk menyeduh teh hijau, sehingga membuat teh hijau menjadi lebih kental dari biasanya. Kemudian diamkan teh hijau selama semalaman, dan kamu dapat mengaplikasikan teh hijau ini esok hari.

Sebelum mengaplikasikan teh hijau pada kulit kepala, pastikan kamu sudah keramas dengan bersih. Jika sudah keramas, kamu bisa mengaplikasikan teh hijau ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas rambut dengan air bersih seperti biasa.

3. Hair rinse teh hijau.

cara mengatasi kulit kering dan gatal menggunakan bahan alami berbagai sumber

foto: freepik.com

Teh hijau juga dapat kamu gunakan sebagai hair rinse atau bilasan rambut untuk mengatasi kesuburan rambut. Hair rinse ini bisa kamu gunakan seperti tonik rambut. Kamu cukup menuangkan pada rambut yang sudah dikeramas, kemudian lakukan pemijatan pada kulit kepala.

Cara memanfaatkan teh hijau sebagai hair rinse sangatlah mudah, kamu hanya perlu mencampurkan secangkir teh hijau yang sudah diseduh dan dingin dengan setengah sendok minyak zaitun. kemudian kamu bisa membilas kepala dengan ramuan ini, lalu lakukan pijatan ringan. Diamkan selama 30 menit kemudian gunakan air hangat untuk membilasnya kembali.

4. Hair tonic teh hijau.

Manfaat lemon dan teh hijau  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selain dapat digunakan sebagai hair rinse, kamu juga dapat menggunakan teh hijau sebagai hair tonic tanpa perlu membilasnya. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menambahkan satu sampai dua kantong teh hijau ke dalam air mendidih, kemudian biarkan terendam selama 5 menit. Kemudian setelah dirasa dingin, kamu bisa langsung mengaplikasikan hair tonic teh hijau ke rambut setelah keramas.

5. Teh hijau dan olive oil.

11 Manfaat teh hijau untuk wajah, mencegah penuaan dini  2022 brilio.net

foto: freepik.com

Teh hijau juga dapat kamu manfaatkan dengan mengkombinasikannya dengan olive oil. Caranya adalah kamu cukup menyiapkan teh hijau, air panas, dan olive oil. Kemudian seduh teh hijau selama lima menit.

Diamkan hingga dingin setara dengan suhu ruangan. Setelah dingin kamu dapat menggunakan air rebusan teh hijau itu untuk keramas. Kemudian keringkan rambutmu dan aplikasikan olive oil pada rambut. Dengan kandungan yang ada pada teh hijau dan olive oil, kamu dapat mencegah kerontokan, mempercepat pertumbuhan rambut serta dapat melebatkan rambut.

6. Teh Hijau dan telur.

Manfaat lemon dan teh hijau  2021 brilio.net

foto: freepik.com

Selain bisa dikombinasikan dengan olive oil untuk cegah kerontokan rambut, kamu juga dapat mencoba mengkombinasikan teh hijau dengan telur untuk dijadikan masker rambut yang dapat menutrisi, melembabkan dan mengurangi kerontokan rambut. Kamu hanya perlu menyiapkan satu butir telur, dua sampai tiga sendok makan teh hijau dan air panas.

Cara pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan menyeduh teh hijau dengan air panas. Kemudian kocok telur di mangkuk atau wadah kemudian campurkan teh hijau yang telah direbus. Kemudian aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa menit. kemudian bilas dengan sampo.

7. Teh hijau dan minyak kelapa.

9 Manfaat minyak kelapa untuk rambut, cegah ketombe  2022 brilio.net

foto: freepik.com

Cara selanjutnya memanfaatkan teh hijau adalah dengan membuat masker dari teh hijau dan minyak kelapa. Kamu hanya perlu menyiapkan dua sendok makan teh hijau, satu sendok makan minyak kelapa dan setengah lemon.

kemudian kamu dapat menyeduh teh hijau dengan air hangat kemudian tambahkan setengah potongan lemon kedalam air seduhan teh hijau yang telah dingin. Aduk hingga merata kemudian tambahkan minyak kelapa dan aduk. Aplikasikan masker ke rambut dan kulit kepala, pijat kulit kepala dan biarkan masker selama 30 menit. Setelah 30 menit kamu dapat membilasnya dengan air.

mgg/Luthfiah Ulfiani

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES