5 Cara memilih sampo untuk atasi rambut rontok, gunakan pH yang sesuai

5 Cara memilih sampo untuk atasi rambut rontok, gunakan pH yang sesuai

Brilio.net - Memiliki rambut yang sehat dan kuat pastinya merupakan impian semua orang. Sayangnya, terkadang rambut menjadi makin rusak akibat pemilihan sampo yang salah. Pada dasarnya, semua sampo mengandung bahan-bahan yang memiliki dua fungsi utama, yaitu untuk membersihkan dan melembutkan rambut. Berbagai kandungan lain juga ditambahkan dan disesuaikan dengan jenis rambut serta kulit kepala yang cocok dengan sampo tersebut.

Langkah awal dalam memilih sampo yang tepat adalah dengan mengenali jenis dan masalah pada rambut. Oleh karena itu, ketahui terlebih dahulu apakah rambut kamu kering, berminyak, tipis, mudah rontok, atau sering diwarnai. Memilih sampo untuk rambut rontok sebenarnya susah-susah gampang. Pasalnya, kini telah beredar sampo-sampo di pasaran dengan beragam klaim, termasuk untuk mengatasi rambut rontok.

Tentunya, produk sampo tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tinggal kamu yang harus pintar-pintar mempertimbangkannya, baik dari segi harga maupun efektivitasnya. Rambut kering biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang tidak dapat memproduksi cukup minyak atau sebum untuk melembapkan rambut, sehingga rambut menjadi kering, kusam, dan sulit diatur.

Nah, jika kamu mengalami hal tersebut, tak perlu khawatir. Yuk, simak cara memilih sampo untuk atasi rambut rontok berikut ini yang dirangkum briliobeauty.net dari berbagai sumber, Senin (5/12).

1. Kenali jenis rambut.

Cara memilih sampo untuk atasi rambut rontok freepik.com

foto: freepik.com

Hal yang paling utama sebelum memilih sampo untuk rambut rontok adalah mengetahui terlebih dahulu jenis rambut yang kamu miliki. Karena perawatan untuk rambut yang kering pastilah akan berbeda dengan kamu yang memiliki rambut berminyak atau normal. Jadi percuma saja jika kamu memilih sampo untuk rambut rontok yang tidak sesuai dengan jenis rambut yang kamu miliki.

Seperti yang kamu ketahui bahwa tiap-tiap sampo memiliki kandungan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan jenis rambut. Parameter yang digunakan bisa berdasarkan ada tidaknya minyak pada kulit kepala, lurus atau keriting, ataupun tipe yang mudah rapuh atau tebal.

2. Cari tahu penyebab kerontokan.

Cara memilih sampo untuk atasi rambut rontok freepik.com

foto: freepik.com

Penyebab kerontokan mungkin juga bukan berasal dari kesalahan pemilihan sampo. Kamu perlu mempertimbangkan kemungkinan lain. Tidak semua wanita memiliki akar penyebab masalah yang sama. Di antaranya rambut bisa rontok akibat stres, sering dicatok, sering terpapar perm coloring maupun straightening, masalah kulit (ketombe), hormon kehamilan, atau masalah kesehatan (Alopecia). Karena itu, memahami permasalahan mendasar ini sangat penting sebelum melangkah ke solusi praktis dalam memilih sampo.

Jadi, jika kerontokan tetap terjadi walaupun sudah mencoba beragam sampo, cobalah evaluasi gaya hidup kamu. Jika kamu menjalani gaya hidup yang kurang sehat, segera perbaiki. Dengan mengenali penyebab kerontokan rambut akan memudahkan kamu untuk memilih sampo untuk rambut rontok yang tepat agar hasilnya efektif.

3. Hindari produk rambut dengan bahan yang terlalu keras.

Cara memilih sampo untuk atasi rambut rontok freepik.com

foto: freepik.com

Cara berikutnya dalam memilih sampo untuk rambut rontok adalah selalu perhatikan kandungan dari sampo tersebut. Usahakan untuk memilih sampo yang mengandung bahan alami, bukan bahan kimia. Pasalnya, bahan kimia akan berdampak pada kerusakan rambut. Rambut rontok pun akan semakin parah. Selain itu, hindari pula sampo dengan kandungan sulfur karena akan memperparah kerontokan.

Bahan pada produk rambut yang bersifat keras dapat menimbulkan reaksi kurang nyaman pada rambut. Misalnya, kulit kepala terasa perih, kencang, mengelupas, dan sangat kering, bahkan gatal. Bahan-bahan kimia yang harus kamu hindari diantaranya adalah sulfat, alkohol dan turunannya, propylene glycol, paraben, dan phthalate.

4. Pilih sampo dengan pH yang sesuai.

Cara memilih sampo untuk atasi rambut rontok freepik.com

foto: freepik.com

Rambut memiliki pH yang cukup asam, yaitu sekitar 6,5. Lingkungan asam pada rambut akan mencegah tumbuhnya bakteri dan jamur pada kulit kepala dan rambut. pH yang asam juga akan menjaga rambut agar tidak kering. Karena itu, untuk pemilik rambut rontok, pilihlah sampo dengan pH yang sesuai supaya tidak menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Jika kesulitan untuk mencari sampo yang memiliki pH optimal, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi dengan ahlinya.

5. Pilihlah sampo yang melembapkan dan menutrisi rambut.

Cara memilih sampo untuk atasi rambut rontok freepik.com

foto: freepik.com

Jangan lupa, pastikan rambut kamu ternutrisi dengan baik dan memiliki kelembapan yang cukup. Pasalnya, rambut yang terjaga kelembapan dan nutrisinya akan terhindar dari masalah kerontokan atau kekusutan. Selain nutrisi dari makanan, pilihlah sampo yang memiliki kandungan nutrisi tinggi yang juga melembapkan. Dengan demikian, rambut menjadi lebih sehat dan tidak mudah rontok.

Pilih produk dengan kandungan bahan alami yang lebih dominan. Misalnya, sampo dengan bahan lavender oil, argan oil, atau sunflower seed oil yang dikenal luas sebagai minyak esensial untuk kesuburan rambut. Terlebih lagi jika jenis rambutmu tergolong keriting, kaku, dan kasar. Pastikan kamu hanya memilih bahan sampo yang banyak mengandung nutrisi untuk mengantisipasi rambut kering dan rontok akibat dehidrasi. Pada jenis rambut yang sangat keriting dan tipis, sebaiknya pilih sampo berbahan mild, untuk mempertahankan keritingmu yang natural tetap menawan sekaligus menjaga agar tidak patah di bagian akarnya.

(brl/tin)

tags

Advertising
Advertising
STORIES