Trik memutihkan wajah pakai masker dari 1 jenis buah, bantu atasi belang dan flek hitam

10 / 05 / 2023 06:45 WIB

Brilio.net - Kulit putih dan mulus masih menjadi impian bagi kebanyakan orang, khususnya para kaum hawa. Namun, sayangnya tak semua orang diberkahi dengan kulit bercahaya. Pada dasarnya, kulit secara alami menghasilkan melanin yang berperan dalam memberikan warna. Produksi melanin yang meningkat akan mengakibatkan warna kulit yang gelap.

Beberapa hal yang memicu peningkatan produksi melanin sendiri di antaranya paparan sinar matahari, polusi, hingga bakteri. Sebenarnya, kamu tak bisa mengubah jumlah melanin yang ada di kulit. Hanya saja, kamu bisa menghilangkan warna kecokelatan dan pigmentasi berlebih yang disebabkan faktor-faktor tersebut.

Oleh karenanya, maka tak heran jika banyak orang mencari cara memutihkan kulit. Banyak upaya dilakukan untuk mendapatkan kulit putih, seperti melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan ataupun melakukan perawatan secara mandiri menggunakan bahan-bahan alami. Biaya yang dihabiskan untuk melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan tergolong mahal. Sedangkan dengan menggunakan cara-cara alami, kamu dapat menghemat pengeluaran.

Meskipun menggunakan bahan alami, namun cara ini juga tak kalah efektif lho jika digunakan secara rutin. Salah satunya yang dibagikan pemilik akun TikTok @pwd_daily pada (6/1). Dalam videonya, dia membagikan trik memutihkan wajah pakai masker dari 1 jenis buah. Buah yang dimaksud adalah bengkuang.

"Cara membuat masker bengkoang alami," tulisnya dalam video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @pwd_daily, Selasa (9/5).

Trik memutihkan wajah pakai masker dari 1 jenis buah
freepik.com

Di Indonesia sendiri, bengkuang kerap dijadikan sebagai camilan atau campuran rujak. Di dalamnya mengandung 86 hingga 90 persen air yang mampu mencegah sekaligus mengatasi dehidrasi. Bengkuang dapat dimanfaatkan dalam bidang kecantikan karena buah yang satu ini memiliki kandungan seperti vitamin E, selenium, dan beta karoten yang membuat kulit kamu menjadi lebih sehat.

Ketiga kandungan tersebut memiliki manfaat yang sangat dibutuhkan tubuh kita agar kecantikan dari dalam dan luar tetap terjaga. Bengkuang kaya akan vitamin C yang mampu menurunkan produksi melanin. Kemudian, kandungan antioksidan pada bengkuang juga dapat membuat kulit wajah tampak bersinar. Manfaat bengkuang untuk kecantikan lainnya yaitu dapat menyamarkan flek hitam. Pasalnya, bengkuang mengandung vitamin A, C, dan senyawa betakaroten yang dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Nah, hanya dengan satu buah tersebut kamu bisa membuat wajahmu lebih cerah, putih, dan bebas belang. Bahkan flek hitam di wajahmu juga tersamarkan dan hilang jika digunakan secara rutin. Kamu hanya perlu membuatnya sebagai masker wajah. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.