Hanya butuh 4 bahan alami, begini cara memudarkan flek hitam bekas jerawat agar wajah kembali mulus

29 / 03 / 2023 11:10 WIB

Brilio.net - Berbicara masalah jerawat memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, setelah sembuh jerawat akan meninggalkan bekas flek yang menghitam. Pasalnya, saat jerawat sembuh dan sel-sel kulit baru terbentuk, sel-sel yang membantu memulihkan permukaan kulitmu mengandung terlalu banyak melanin.

Melanin adalah zat pemberi warna pada kulit. Saat sel-sel kulit tertentu kelebihan zat melanin daripada yang lain, hasilnya adalah muncul bercak kulit yang lebih gelap. Kondisi ini disebut juga sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi. Hal ini tentu bisa bikin siapa saja yang mengalaminya jadi frustasi, khususnya wanita.

Untuk mengatasinya, kebanyakan orang akan datang ke klinik kecantikan guna melakukan perawatan. Biasanya mereka akan melakukan perawatan laser untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat. Hal ini tentu saja akan menghabiskan banyak biaya. Nah, jika kamu terkendala oleh biaya, tak perlu khawatir, karena kamu juga bisa lho merawatnya menggunakan bahan-bahan alami disekitarmu.

Sama seperti yang dibagikan pengguna TikTok @msnonny pada 19 September 2021. Melalui video unggahan tersebut, pemilik akun memberikan cara memudarkan flek hitam bekas jerawat pakai 4 bahan alami. Bahan yang digunakan adalah gula pasir, bubuk kulit jeruk, jojoba oil, dan madu.

"Face scrub for dark spots (Scrub wajah untuk flek hitam)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @msnonny, Selasa (28/3).

Cara memudarkan flek hitam bekas jerawat pakai 4 bahan alami
freepik.com

Gula merupakan bahan alami eksfoliasi kulit. Scrub dengan bahan dasar gula memiliki tekstur sedang yang mampu membantu mengangkat sel kulit mati. Gula juga mampu membantu meremajakan kulit dan membersihkan pori-pori. Ketika kulit mati dan kotoran terangkat, kulit akan tampak bercahaya dan lebih sehat. Efek mencerahkan kulit dari gula merah berasal dari kandungan glycolic acid atau golongan AHA. Efek ini dapat membantu menyamarkan bekas luka jerawat.

Kulit jeruk kaya akan vitamin C. Menggunakan kulit jeruk sebagai campuran masker atau scrub akan menjadikan kulit cerah dan bebas kusam. Tak hanya mengandung vitamin C, kulit jeruk juga memiliki kandungan kalsium. Kandungan kalsium ini diyakini bisa mempercepat regenerasi kulit, khususnya sel-sel kulit yang sudah rusak. Terutama flek hitam bekas jerawat.