Tanpa toner eksfoliasi, intip trik pria ini bikin wajah bersih dari komedo pakai 2 bahan dapur

15 Februari 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Komedo merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang umumnya mulai timbul ketika seseorang menginjak usia remaja. Dalam ranah medis, komedo merupakan permasalahan pada kulit yang timbul akibat penyumbatan pori-pori kulit oleh kotoran, sel kulit mati, dan sebum (minyak alami kulit). Penyumbatan ini akan membuat kotoran menumpuk di rongga pori-pori hingga menghasilkan bintik-bintik kecil, yang dikenal sebagai komedo.

Komedo umumnya memiliki 2 bentuk, yaitu komedo putih (whiteheads) dan hitam (blackheads). Varian komedo putih merupakan gumpalan kotoran yang tersumbat di bawah lapisan kulit yang tertutup. Sementara itu, komedo hitam muncul saat kotoran yang tersumbat tadi mengalami oksidasi akibat interaksi dengan udara, sehingga menghasilkan warna hitam pada permukaan komedo.

Area wajah yang terkenal paling rentan terkena komedo adalah hidung. Pasalnya, hidung memiliki banyak kelenjar minyak alami kulit (sebaceous glands) sebagai organ yang bertanggung jawab dalam mengeluarkan sebum.

Hanya saja, terkadang kelenjar minyak ini dapat memproduksi minyak secara berlebihan, entah itu akibat pengaruh faktor hormon, kondisi cuaca panas, dan lainnya. Akibatnya, hal ini kemudian memudahkan kotoran menempel dan menyumbat pori-pori, dan pada akhirnya mengakibatkan pembentukan komedo.

Nah, salah satu kunci untuk mencapai kriteria tersebut adalah rajin melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan salah satu langkah dalam perawatan kulit yang dilakukan untuk mengangkat kotoran seperti sel kulit mati, penyumbatan pori-pori, dan sebagainya dari kulit.

Hal ini membuat eksfoliasi bisa meminimalisasi potensi munculnya komedo dengan baik serta membuat kulit bersih dan sehat. Bahkan, saat ini ada banyak sekali produk khusus eksfoliasi berupa toner, kapas, hingga serum sekalipun yang bisa dipilih sesuai selera.

Akan tetapi, kamu juga bisa lho mencoba memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif yang efektif untuk mendapatkan wajah bersih dari komedo dengan bantuan eksfoliator dari bahan alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan-bahan dapur berupa campuran kopi dan tepung beras, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Kamis (15/2) dari @mayankgandhi25 di Instagram.

Mengapa kopi dan tepung beras bisa menjadi alternatif baik dalam mengatasi komedo?

foto: freepik.com

Disadur dari laman Verywell Health, bubuk kopi sejatinya terkenal akan banyak selain dijadikan sebagai konsumsi minuman lezat. Bubuk kopi terkenal kaya akan kandungan kafein, dimana komponen ini dapat membantu menyempitkan pori-pori kulit dan mengurangi produksi sebum yang berlebihan.

Selain itu, bubuk kopi juga mengandung senyawa antioksidan yang dapat meminimalisir dampak dari kerusakan akibat radikal bebas. Plus, sifat eksfolian dari bubuk kopi juga dapat membantu mengangkat kotoran dari kulit, sehingga dapat mengurangi komedo dan menciptakan permukaan kulit yang lebih halus.

foto: freepik.com

Di sisi lain, tepung beras juga menjadi bahan daput lain yang efektif untuk mengatasi masalah di atas. Tepung beras mengandung kandungan nutrisi seperti vitamin B, mineral, dan asam amino yang bermanfaat untuk memberi nutrisi sehat pada kulit.

Ketika diaplikasikan pada wajah, sifat eksfolian lembut dan absorben tepung beras bekerja secara efektif menyerap minyak dan kotoran berlebih dari kulit, sehingga akan membersihkan pori-pori sekaligus mengurangi potensi pembentukan komedo di wajah seseorang.

Nah, kedua bahan dapur di atas bisa digunakan dengan mengikuti langkah berikut ini.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh bubuk kopi
2. 1 sendok teh tepung beras
3. Air hangat bersih secukupnya
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@mayankgandhi25

1. Masukkan 1 sendok teh bubuk kopi dalam wadah kecil.
2. Tambahan pula 1 sendok teh tepung beras bersama bubuk kopi tadi.
3. Tuangkan sedikit air hangat, lalu aduk hingga sedikit larut dan tercampur rata.
4. Oles dan gosokkan campuran ini sebagai scrub ke area sekitar hidung yang bermasalah.
5. Lakukan selama 3-5 menit, lalu diamkan selama beberapa saat sebelum dibilas hingga bersih dari residunya.
6. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal berupa wajah bersih dari komedo.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mayank Gandhi | Skincare & Lifestyle (@mayankgandhi25)

(brl/lea)