Tanpa serum hyaluronic, ini trik bikin kulit kering jadi lembap tahan lama pakai 1 jenis minyak

24 / 10 / 2023 23:10 WIB

Brilio.net - Jenis kulit wajah yang sehat adalah memiliki keseimbangan antara kandungan air dan minyak, tidak terlalu kering atau berminyak, tidak mudah iritasi atau alergi, dan tidak memiliki masalah kulit seperti jerawat atau komedo. Jenis wajah yang sehat biasanya terlihat bersih, bercahaya, dan elastis.

Namun, sebagai organ terluar yang melindungi tubuh, wajah pun menjadi rentan terhadap berbagai masalah, paling umum adalah kulit kering. Dimana kulit kering merupakan tipe kulit yang kehilangan kemampuan dalam menjaga tingkat kelembapan alami. Hal ini membuat kulit terasa terasa ketat hingga kasar, dan rentan menampakkan tanda-tanda penuaan dini.

Dari segi internal, faktor dehidrasi dapat dikatakan menjadi pemicu utama kulit kering. Pasalnya, tubuh yang dehidrasi akan kekurangan kapasitas cairan sehingga tidak mampu menyuplai kulit dengan kelembapan yang diperlukan.

Sementara itu, faktor eksternal seperti paparan sinar ultraviolet (UV) dari sinar matahari dapat mempercepat penguapan air di dalam kulit lewat keringat, serta merusak serat-serat kolagen yang mempertahankan kelembapan kulit.

Bila kamu tengah menghadapi masalah ini, tak usah bingung. Soalnya, ada banyak bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan. Hal ini sebagaimana ditunjukkan Instagram @thediyglow05, yang memanfaatkan minyak almond dan aloe vera, sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Selasa (24/10).