Tak cuma air mawar, begini trik atasi iritasi kulit akibat jerawat pakai 1 jenis daun herbal

26 / 10 / 2023 19:12 WIB

Brilio.net - Setelah beraktivitas sepanjang hari, kulit akan terpapar oleh polusi udara, debu, dan sinar matahari. Faktor-faktor tadi terkenal dapat membawa pengaruh buruk pada kulit akibat dampaknya yang membuat kulit menjadi rusak dan kotor. Apabila dibiarkan, kondisi ini bisa mengakibatkan munculnya berbagai masalah kulit yang tidak diinginkan.

Salah satu masalah kulit yang umum ditimbulkan karena kondisi di atas adalah jerawat. Hal ini terjadi karena seluruh kotoran tadi umumnya akan bercampur dengan minyak alami kulit (sebum) yang diproduksi kulit sehingga menyebabkan rongga pada pori-pori tersumbat.

Penyumbatan inilah yang kemudian menjadi tempat ideal bagi bakteri dan kuman untuk berkembang biak. Walhasil kondisi ini meningkatkan risiko peradangan kulit di bagian dalam dan memicu pembengkakan dan iritasi jerawat.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu nggak perlu bingung untuk mencari produk khusus di luar sana. Soalnya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami penuh khasiat yang dapat meredam potensi iritasi kulit akibat jerawat.

Salah satunya seperti menggunakan campuran daun neem bersama air mawar dan gel lidah buaya, sebagaimana diperagakan oleh @beglamrs di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Kamis (26/10).

foto: freepik.com

Daun neem merupakan daun yang penuh akan khasiat dalam melawan jerawat. Pasalnya, komponen dalam daun neem seperti triterpenoid, flavonoid, dan asam lemak esensial pada dasarnya memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri kuat.