Hasil cerah bak bleaching, ini trik memutihkan kulit kusam akibat noda hitam pakai 1 jenis buah

26 / 10 / 2023 20:10 WIB

Brilio.net - Noda gelap pada wajah umumnya dapat terbentuk dari dua hal, yakni flek hitam dan bekas jerawat. Flek hitam merupakan kondisi wajah yang dipenuhi bintik-bintik pigmentasi yang menyebabkan sebagian warna kulit menjadi lebih gelap dibandingkan bagian lainnya. Hal ini umumnya dikarenakan paparan sinar UV dari matahari, terutama UVB. Sinar ini dapat merangsang sel melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin dengan cepat. Hal inilah yang kemudian berujung menjadi gangguan flek hitam.

Sementara jerawat pada dasarnya dapat meninggalkan bekas berupa noda kecokelatan atau dalam istilah medis dikenal dengan post-inflammatory hyperpigmentation (PIH). Kasus jerawat bisa meninggalkan bekas ini bisa muncul karena proses peradangan jerawat dapat merusak jaringan kulit. Sel-sel kulit baru yang kemudian tumbuh untuk memperbaiki kerusakan ini dapat mengandung melanin berlebih, sehingga dapat berujung pada bekas bercak gelap pada kulit.

Kedua masalah di atas jelas dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang. Namun begitu, kamu bisa mencoba mengatasinya dengan memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif yang tentunya hemat di kantong. Beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan ialah berupa campuran tomat, aloe vera, dan susu. Cara ini sebagaimana dibagikan pemilik akun Instagram @nabiabaigdi, dilansir briliobeauty.net pada Kamis (26/10).