Bukan pakai pasta gigi, ini trik rapatkan pori-pori di wajah rentan berjerawat pakai 1 bubuk daun

24 / 10 / 2023 21:10 WIB

Brilio.net - Pori-pori merupakan lubang pernapasan kulit yang memegang peran penting dalam sistem pengeluaran minyak dan keringat dari dalam kelenjar kulit. Pori-pori kulit yang sehat akan terlihat kecil dan rapat sehingga kulit pun terkesan halus dan mulus. Sebaliknya, ukuran pori-pori yang membesar sering menjadi awal mula munculnya berbagai masalah kulit.

Penyebab utama melebarnya rongga pori-pori adalah peningkatan produksi minyak kulit di luar batas normal. Kondisi ini bisa dipicu oleh perubahan hormon, paparan sinar matahari, dan polusi. Pori-pori yang melebar sejatinya memudahkan kotoran seperti debu dan sel kulit mati masuk dan terjebak dalam pori-pori, sehingga dapat memicu iritasi dan peradangan di dalam kulit.

Salah satu bentuk nyata dari penyumbatan pori-pori adalah munculnya jerawat. Kondisi kotoran yang tersumbat dapat menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri dan kuman di kulit berkembang biak secara cepat. Proses ini menghasilkan peradangan di kulit dan pada akhirnya, mengakibatkan pembengkakan jerawat.

Akan tetapi, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu bingung. Soalnya, kamu bisa mengandalkan bahan-bahan alami, salah satunya dengan memanfaatkan campuran daun neem, aloe vera, dan madu seperti yang dicontohkan oleh akun Instagram @get_beauty_glow_everyday, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (24/10).