Hanya butuh 3 bahan alami, ini cara membuat body mask untuk memutihkan kulit kusam dan belang

09 / 05 / 2023 08:10 WIB

Brilio.net - Kulit belang dan kusam seringkali menjadi permasalahan pada setiap orang, terutama para wanita. Kulit yang tidak bercahaya dan terlihat lebih tua dapat mengganggu penampilan. Kulit kusam dikarenakan seringnya terpapar sinar matahari dan polusi udara.

Mempunyai kulit kusam dan belang membuat penampilan jadi kurang menarik. Selain asupan makanan yang kamu jaga untuk kecantikan kulit, kamu juga perlu merawat kulit dengan bantuan produk skincare yang mengatasi kulit kusam belang. Kulit kusam dan belang dapat disertai dengan noda hitam, penuaan dini, bekas jerawat yang dapat menggangu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri.

Pemilik kulit kusam dan belang membutuhkan skincare yang dapat membersihkan, melembapkan, mencerahkan dan meratakan warna kulit secara efektif. Salah satu skincare atau body care yang bisa kamu gunakan adalah body mask.

Masker tubuh atau body mask sangat berbeda dengan lulur. Masker tubuh memberi nutrisi bagi kulit dan tubuh yang berfungsi sebagai pemutih (whitenting) dan pelembap kulit kering. Sedangkan, lulur mempunyai fungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Meski sudah banyak produk body mask yang dijual di pasaran, namun kamu bisa lho membuat body mask sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @puspaindhh pada 27 Agustus 2020 lalu. Melalui video unggahannya tersebut, ia membagikan cara membuat body mask untuk memutihkan kulit kusam dan belang pakai 3 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah body lotion dengan kandungan minyak zaitun, susu, dan tepung beras.

"INI NII ANDALAN , COBAINN DEHH," katanya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @puspaindhh, Selasa (9/5).

foto: freepik.com

Minyak zaitun kaya akan vitamin, mineral, lemak sehat, dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Berkat kandungannya tersebut, minyak zaitun juga baik digunakan untuk memutihkan atau mencerahkan kulit. Minyak zaitun dapat membersihkan kulit wajah dari debu dan sel kulit mati, membantu memudarkan bercak atau bintik-bintik hitam di wajah, melembapkan kulit, mengatasi kulit kering, serta mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar UV.

Sedangkan, bukan rahasia lagi bahwa kini susu menjadi salah satu bahan tambahan dalam banyak produk perawatan kulit. Ini karena susu mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat. Kandungan asam laktat pada susu juga diyakini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Inilah mengapa ada banyak produk pencerah kulit yang menggunakan asam laktat atau susu sebagai agen pencerahnya. Asam laktat memang dapat mengelupas lapisan kulit mati yang menjadi penyebab kulit kusam.

Begitupun dengan tepung beras yang mengandung asam amino dan vitamin yang dapat meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Terdapat pula kandungan tirosinase yang ampuh mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit. Sehingga, dengan rutin menggunakan bahan ini, kulit belang dan kusam kamu akan kembali menjadi putih dan cerah.