Tak perlu beli krim pemutih, 9 bahan alami ini bisa mencerahkan mata kaki yang menghitam

05 / 05 / 2023 19:25 WIB

Brilio.net - Mata kaki yang gelap atau disebut juga acanthosis nigricans adalah kondisi yang terjadi ketika kulit pada bagian kaki menghitam dan menebal. Kondisi ini biasanya terjadi pada bagian kaki yang sering terkena gesekan dan tekanan, seperti bagian tumit atau ujung jari kaki. Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab mata kaki yang menghitam antara lain kelebihan berat badan, gangguan hormon, efek samping obat atau terlalu banyak gesekan pada kaki.

Mengatasi mata kaki yang menghitam memang membutuhkan perawatan yang konsisten dan tidak instan. Namun, jika kita sabar dan rutin melakukannya, maka mata kaki semula hitam bisa diatasi. Apalagi sekarang banyak produk untuk memutihkan mata kaki. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami di sekitar kamu untuk mencerahkan area tersebut.

Briliobeauty.net menghimpun 9 bahan alami yang bisa mencerahkan mata kaki yang menghitam dari berbagai sumber, Jumat (5/5). Berikut ulasan lengkapnya.

1. Minyak kelapa

foto: freepik.com

Studi menunjukkan minyak kelapa sangat efektif untuk melembapkan kulit, serta mengandung asam lemak yang dapat mencegah infeksi dari bakteri dan mencegah perubahan warna kulit. Untuk menggunakan minyak kelapa sebagai bahan mencerahkan mata kaki, cukup campurkan 1 sendok makan minyak kelapa dengan perasan setengah buah lemon.

Oleskan campuran tersebut pada kulit yang bersih di bagian pergelangan kaki. Tak perlu membilasnya, cukup diamkan minyak kelapa dan lemon meresap ke dalam kulit.

(mgg/Jessica Tosya)