Cuma pakai 2 bahan sayuran, begini cara membuat krim pencerah kulit pigmentasi dan bintik hitam

22 / 05 / 2023 10:45 WIB

Brilio.net - Pigmentasi dan bintik hitam adalah dua permasalahan yang banyak dialami orang. Kedua kondisi kulit ini umumnya terjadi pada mereka yang memasuki usia 20 tahun ke atas, dengan penyebab yang berbeda-beda.

Pigmentasi atau kondisi warna kulit yang tidak merata ini disebabkan produksi melanin yang tidak seimbang. Dalam hal ini, produksi melanin mengalami peningkatan berlebih sehingga dapat menyebabkan warna kulit menjadi gelap. Selain itu, penyebab lainnya adalah paparan sinar matahari, produksi hormon, faktor genetik, dan penuaan.

Sementara itu, penyebab bintik hitam ini hampir sama dengan pigmentasi. Di mana bintik hitam disebabkan paparan sinar matahari, faktor genetik, dan perubahan hormon.

Meskipun kedua kondisi kulit ini tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun pigmentasi dan bintik hitam ini harus diatasi agar tidak mengganggu penampilan kamu. Salah satu cara untuk menghilangkan masalah ini adalah dengan menggunakan krim.

Untuk mendapatkan produk skincare tersebut kamu tak perlu beli, kamu bisa membuatnya dengan memanfaatkan tomat dan kentang. Kedua bahan tersebut memiliki kandungan dan manfaatnya masing-masing.

Tomat mengandung likopen, yaitu pigmen alami yang memberikan warna merah pada tomat. Likopen memiliki sifat antioksidan yang kuat, membantu melindungi kulit dari kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan pigmentasi dan tanda-tanda penuaan. Sementara itu, adanya vitamin C dapat membantu meningkatkan kolagen dan meratakan warna kulit.

Sementara itu, kentang memiliki kandungan berupa enzim katalase dan antiinflamasi. Kedua kandungan tersebut dapat mencerahkan, meratakan, dan mengatasi iritasi.

Lantas bagaimana cara membuat krim dari bahan tersebut? Yuk, intip cara yang dibagikan pengguna YouTube Tanya Chaudhary, Senin (22/5).