Tak hanya oats, ini trik kecilkan pori-pori agar bersih dari komedo pakai 1 sumber protein

21 / 10 / 2023 22:00 WIB

Brilio.net - Komedo merupakan salah satu masalah wajah yang umum muncul mulai dari fase remaja. Problematika kulit ini muncul sebagai hasil dari tersumbatnya pori-pori kulit oleh kotoran, sel kulit mati, dan sebum (minyak alami kulit). Pori-pori yang tersumbat inilah yang kemudian membentuk bintik-bintik kecil pada permukaan kulit yang dikenal sebagai komedo.

Komedo memiliki 2 jenis bentuk, yaitu whiteheads (komedo putih) dan blackheads (komedo hitam). Whiteheads terbentuk ketika pori-pori kulit tertutup oleh lapisan kulit yang menyebabkan sebum dan kotoran terperangkap di bawah kulit. Sebaliknya, blackheads terbentuk ketika pori-pori kulit terbuka dan sebum serta kotoran oksidasi dengan udara, mengakibatkan warna hitam pada permukaan komedo.

Terbentuknya komedo ini secara umum disebabkan oleh produksi sebum berlebih oleh kelenjar minyak. Produksi minyak yang berlebih ini sendiri bisa dipicu banyak faktor, mulai dari perubahan hormonal, panas matahari, hinga polusi lingkungan. Minyak berlebih ini kemudian melebarkan rongga pori-pori dan memudahkan kotoran mengendap di dalamnya. Apabila tidak dibersihkan, penyumbatan komedo tersebut dapat berujung pada masalah kulit lain seperti jerawat.

Untuk mengatasi hal di atas, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif. Misalnya dengan menggunakan campuran putih telur dan oats, sebagaimana dibagikan oleh @div_2929 melalui Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Sabtu (21/10).

foto: freepik.com