5 Cara membuat kulit tampak awet muda pakai masker buah-buahan

13 / 04 / 2022 06:00 WIB

foto: pexels.com

Buah stroberi memiliki kandungan vitamin C alami yang cukup tinggi. Vitamin inilah yang diperlukan untuk anti aging atau mencegah penuaan dini. Tidak hanya itu, masker stroberi juga bisa melawan radikal bebas, sekaligus melindungi sel kulit wajah berkat kandungan kolagen di dalamnya.

Buah stroberi dapat dikombinasikan dengan yoghurt dan madu, dua kandungan ini bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih awet muda. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan dua buah stroberi yang sudah di haluskan, dengan satu sendok makan yoghurt plain dan satu sendok makan madu.

Seperti yang diketahui bahwa madu memiliki kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang dapat membantu melembapkan wajah secara optimal. Campur ketiga bahan tersebut secara merata, lalu oleskan pada seluruh wajah.

Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Selain wajahmu tampak awet muda, kamu juga akan mendapatkan wajah yang cerah dengan penggunaan masker ini secara rutin.

2. Masker delima.

foto: pexels.com

Delima merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C, berguna untuk mencegah penuaan dini sekaligus mengangkat sel kulit mati. Untuk membuat masker, delima bisa kamu kombinasikan dengan bahan lain seperti madu dan oatmeal.

Madu memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk melembapkan wajah, sedangkan oatmeal memiliki kandungan senyawa yang disebut saponin, berfungsi sebagai pembersih alami dan menghilangkan kotoran dan minyak dari pori-pori.

Manfaat oatmeal untuk wajah adalah bisa membantu menghilangkan sel kulit mati tertua di permukaan terluar kulit, dan membuat kulit segar, bercahaya dan awet muda.

Cara membuat masker ini adalah dengan menghaluskan satu buah delima dan mencampurkannya dengan satu sendok makan madu, serta dua sendok makan oatmeal yang telah di haluskan. Campur ketiga bahan ini hingga menjadi seperti pasta, kemudian oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 20 hingga 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

3. Masker tomat.

foto: pexels.com

Tomat memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dengan berbagai manfaat untuk perawatan wajah. Dikutip dari Healthline, likopen dan vitamin C dalam tomat mampu melawan radikal bebas yang merusak sel sehingga tanda penuaan pun bisa dicegah.

Selain itu tomat juga memiliki kandungan pektin dan flavonoid yang berguna untuk membersihkan pori-pori dan membersihkan kulit mati. Bahan alami tersebut juga mampu memperbaiki tekstur kulit sehingga wajah akan lebih halus dan lembut.

Cara membuat masker tomat ini adalah dengan mencampurkan satu buah tomat yang sudah dihaluskan dengan dua sendok makan madu murni. Oleskan pada seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih.