Trik gunakan concealer di area bawah mata, riasan jadi tampak lebih flawless

06 / 12 / 2022 02:05 WIB

Brilio.net - Concealer merupakan salah satu produk makeup yang cukup diandalkan untuk menyempurnakan riasan. Produk yang satu ini banyak dipakai untuk menutupi ketidaksempurnaan pada kulit. Mulai dari bekas luka, jerawat, membentuk alis, hingga yang cukup banyak digunakan adalah menyamarkan mata panda alias lingkaran hitam yang muncul di bawah mata.

Meski begitu, pemakaian concealer di bawah mata sedikit "tricky". Bagian hitam di bawah mata bisa saja lenyap dengan concealer, tapi masalah baru bisa timbul yakni jadi terlihat efek creasing atau guratan-guratan concealer yang sangat jelas di bawah mata.

Tak hanya itu saja, riasan di bawah mata juga seringkali luntur dan hancur meski riasan tidak dipakai untuk waktu lama. Penyebabnya pun beragam, mulai dari formula concealer yang kurang cocok dengan foundation, kesalahan memakai skincare, hingga pengaplikasian kurang tepat.

foto: TikTok/@shanell.sorrells

Padahal, sebenarnya memakai concealer di bawah mata tidak sesulit yang dibayangkan. Kamu hanya perlu memperhatikan beberapa hal sederhana seperti yang diungkapkan Makeup Artist (MUA) profesional, Shanell Sorrells berikut ini. Melalui akun TikTok @shanell.sorrells pada Rabu (30/11). Dalam video yang berdurasi 47 detik tersebut, ia membagikan trik menggunakan concealer di area bawah mata untuk mendapatkan riasan yang tampak lebih flawless.

"You guys love all things concealer so here’s another tip. (Kalian suka semua hal tentang concealer, jadi inilah tip lainnya.)," tulisnya sebagai keterangan video unggahannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @shanell.sorrells, Senin (5/12).

foto: TikTok/@shanell.sorrells

Hal pertama yang harus kamu perhatikan yaitu pengaplikasian foundation agar riasan di bawah mata terlihat lebih rapi dan tidak mudah hancur. Pastikan tidak ada gumpalan foundation di bawah mata saat ingin memakai concealer di atasnya. Hal ini yang akan membuat concealer lebih mudah luntur dan hancur serta terlihat cakey setelah dirias.

Selain itu, jika ingin riasan lebih flawless, hapus foundation di bawah mata dengan micellar water dan kapas. Setelah itu, aplikasikan eye cream di bawah mata dan tunggu hingga menyerap sempurna. Lalu, aplikasikan concealer. Sorrells juga menyarankan untuk memakai eye cream yang berkualitas untuk memastikan riasan di atasnya terlihat lebih mulus, rapi, serta mudah diratakan.

foto: TikTok/@shanell.sorrells

Lebih lanjut, kamu bisa mengaplikasikan concealer secukupnya di area bawah mata menggunakan kuas atau jari. Biarkan hingga setengah kering dan ratakan concealer menggunakan kuas dengan cara ditepuk-tepuk perlahan. Cara ini juga bisa membuat coverage concealer lebih tinggi. Sehingga, area bawah mata akan terlihat lebih cerah dan bebas dari hiperpigmentasi.

Unggahan video yang berisi trik gunakan concealer di area bawah mata ini pun mendadak viral dan mengundang berbagai respon dari warganet. Bahkan sampai artikel ini ditulis videonya sudah ditonton sebanyak 174,5 ribu kali dan menuai lebih dari 40 komentar beragam dari warganet.

foto: TikTok/@shanell.sorrells

"bisakah seseorang tolong jelaskan apa perbedaan antara concealer dan alas bedak kecuali perbedaan warna," tanya pemilik akun @.phenomi.niall.

"Bagaimana jika kita menggunakan color corrector untuk bagian bawah mata yang di layering," kata akun @xmariamx25.

"Uhmm terima kasih tipsnya," celetuk pemilik akun @simkmultani.