Hanya pakai 2 bahan alami, ini cara membuat serum rambut untuk menghaluskan frizzy hair

28 / 02 / 2023 06:41 WIB

Brilio.net - Rambut yang mengembang, kaku, dan kering biasa disebut dengan frizzy hair. Frizzy hair memang sangat mengganggu penampilan. Salah satu penyebab frizzy hair adalah rambut dehidrasi karena tingkat kelembapan rambut sudah mulai berkurang. Jika kelembapan rambut sudah menurun, kutikula rambut akan terbuka buat menyerap udara di sekitar. Nah, inilah yang bikin rambut jadi lebih gampang berantakan dan susah diatur. 

Frizzy hair dapat terjadi karena beberapa kebiasaan buruk seperti gesekan pada rambut saat tidur dengan sarung bantal, rambut terkena terik matahari berlebihan, hingga tidak memberikan perhatian khusus untuk rambut. Frizzy hair atau rambut yang mengembang berantakan seperti rambut singa memang membuat kesal. Selain bikin kepercayaan diri menurun, rambut singa ini juga buat penampilanmu tidak maksimal.

Tidak perlu sering ke salon untuk mengatasinya, karena kamu juga bisa merawat rambut di rumah saja dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain lebih aman, bahan alami juga lebih murah dan mudah didapatkan. 

Nah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami tersebut dengan membuatnya sebagai serum rambut. Serum rambut akan membantu menutrisi batang rambut dan kulit kepala dengan menjaga kelembapannya dari dalam dan memperbaiki kutikula rambut. Hal ini akan membuat rambut jadi lebih halus, sehat, dan lembut.

foto: TikTok/@ayooshaofficial

Jika kamu mengalami masalah frizzy hair, kamu bisa menyimak video yang dibagikan oleh pemilik akun TikTok @ayooshaofficial pada 26 September 2022. Dalam video unggahan tersebut, pemilik akun membagikan cara membuat serum rambut untuk menghaluskan frizzy hair pakai 2 bahan alami. Bahan alami yang digunakan adalah gel lidah buaya atau aloe vera gel dan air mawar.

"Make your own hair serum with household ingredients (Buat serum rambutmu sendiri dengan bahan-bahan rumah tangga)," tulis pemilik akun sebagai keterangan video, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @ayooshaofficial, Senin (27/2).

foto: TikTok/@ayooshaofficial

Tak hanya untuk rambut berminyak, lidah buaya juga bisa digunakan untuk merawat rambut kering yang rusak. Selain merawat rambut kering, lidah buaya juga dipercaya dapat memperbaiki kerusakan rambut, misalnya frizzy hair dan rambut rontok. Kandungan kolagen dan vitamin B pada lidah buaya biasanya digunakan untuk mengatasi masalah pada kulit. 

Nah, khasiatnya ini dipercaya bisa bekerja untuk memperbaiki kerusakan pada rambut. Selain itu, kandungan vitamin A, C, E, B12, dan kolin pada lidah buaya juga sangat baik untuk rambut khususnya yang mengalami masalah rambut rontok, kering, hingga mengembang.

foto: TikTok/@ayooshaofficial

Sementara itu, air mawar memiliki kandungan pH yang sedikit asam, sehingga membantu memberikan hidrasi pada batang rambut. Selain itu, air mawar juga mengandung vitamin E yang kaya akan antioksidan untuk melindungi sel-sel kulit kepala dari bahaya kerusakan sekaligus melembutkan batang rambut. Jadi, bagi kamu yang mengalami frizzy hair, menggunakan air mawar mampu membuat rambutmu lebih ternutrisi, terhidrasi, dan tampak berkilau.