Hanya butuh 2 bahan dapur, begini trik atasi frizzy hair agar kembali lembut dan mudah diatur

17 / 02 / 2023 21:43 WIB

Brilio.net - Rambut yang kering menyebabkan setiap helainya mudah menyerap kelembapan yang ada di lingkungan. Inilah yang menyebabkan rambut kering lebih rentan menjadi frizzy.

Rambut yang rusak akibat terpapar panas terlalu sering, pengecatan dan lain sebagainya, menyebabkan rambut kering secara alami. Oleh karenanya, rambut rusak semakin mudah frizzy. Terlalu sering keramas juga bisa menyebabkan frizzy hair karena natural oil yang diproduksi rambut cepat hilang.

Di saat rambut mulai kehilangan kelembapan alaminya, kutikula rambut akan mulai terbuka untuk menyerap udara di sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan rambut kamu tampak lebih berantakan dari sebelumnya. Frizzy hair atau rambut yang mengembang berantakan seperti rambut singa memang membuat kesal. Selain bikin kepercayaan diri menurun, rambut singa ini juga buat mood jadi turun karena mempengaruhi penampilan.

Namun, kamu tak perlu khawatir lagi, karena kamu bisa lho mengatasinya menggunakan bahan alami. Selain lebih aman, bahan alami juga lebih murah dan mudah didapatkan.

Seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna media sosial TikTok dengan nama akun @sindi9rande pada (16/2/2022) lalu. Dalam video unggahan yang berdurasi 13 detik tersebut, pemilik akun membagikan trik atasi frizzy hair pakai 2 bahan dapur. Kedua bahan dapur yang digunakan adalah santan kelapa dan kopi.

foto: TikTok/@sindi9rande

"Santan for frizzy hair tutorial," tulisnya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @sindi9rande, Jumat (17/2).

Selain sebagai bahan masakan, santan juga mampu memberi nutrisi untuk merawat dan memperbaiki kerusakan rambut, seperti frizzy hair. Santan kelapa mampu melembapkan rambut dan kulit kepala.

Hal ini berkat kandungan asam lemak di dalamnya yang berfungsi sebagai pelembap alami rambut. Kandungan tersebut juga dapat memperbaiki rambut dan kulit kepala yang kering disertai gatal, serta berperan sebagai pelembap alami untuk rambut rusak.

Jika rambut dan kulit kepala dalam kondisi lembap, maka pertumbuhan rambut juga akan lebih cepat terjadi. Dengan begitu, rambut kamu akan tumbuh sehat dan lebat.