Agar lebih sehat, kenali 7 penyebab rambut lepek dan cara mengatasinya

15 / 02 / 2023 02:25 WIB

1. Faktor cuaca.

Cuaca yang panas dan lembap menjadi salah satu penyebab rambut lepek. Mengapa demikian? Jika cuaca panas, tubuh akan berkeringat, terutama pada bagian kepala. Nah, keringat akan mengalir turun membawa minyak pada kulit kepala dan menyebar ke seluruh bagian rambut. Maka tak heran, jika saat beraktivitas di luar jadi lebih mudah berkeringat.

2. Faktor genetik

Rambut lepek juga bisa disebabkan karena faktor genetik. Biasanya, jika anggota keluarga memiliki rambut berminyak, maka potensi kecenderungan memiliki rambut yang lepek juga cukup besar. Menjaga dan menghindari hal-hal yang menyebabkan minyak di kepala jadi salah satu solusinya.

3. Terlalu sering menyentuh rambut.

foto: freepik.com

Kebiasaan ini tanpa disadari sering dilakukan oleh banyak orang. Padahal hal ini juga bisa membuat rambut lepek. Pada saat merapikan rambut, tanpa disadari kamu menyentuh rambut dengan keadaan tangan yang kotor. Hal tersebut membuat rambut menjadi cepat berminyak, sehingga rambut cenderung cepat lepek.

4. Sisir yang kotor.

foto: freepik.com

Nggak banyak yang tahu, kalau sisir yang kotor juga bisa jadi salah satu penyebab rambut lepek. Pasalnya, kotoran dan debu yang ada pada sisir bisa menempel kembali pada rambut saat menyisir.

5. Mengurai rambut terlalu lama.

foto: freepik.com

Saat beraktivitas di luar ruangan, mengurai rambut terlalu lama bisa membuat rambut lepek, lho. Debu dan kotoran dapat secara mudah menempel pada rambut, jika kamu terus mengurai rambut saat beraktivitas di luar ruangan. Mengikat rambut terlalu lama memang bisa menghasilkan minyak berlebih, namun sebaiknya rambut diikat saat dirasa banyak debu yang bisa menempel pada rambut. Misalnya saat berkendara dengan kendaraan roda dua atau transportasi umum.

6. Memakai conditioner dengan cara yang salah

Masih banyak orang yang salah paham bahwa conditioner sebaiknya dipakai pada kulit kepala. Hal tersebut tentunya tidak dibenarkan. Pasalnya, penggunaan conditioner sampai kulit kepala justru bisa membuat rambut berminyak dan lepek.

7. Perasaan stres

Mungkin jarang orang yang mengetahui bahwa stres juga salah satu faktor penyebab rambut lepek. Perasaan stress dapat mendorong produksi minyak di kulit kepala. Secara ilmiah, perasaan stres dapat meningkatkan level pada hormon kortisol dalam tubuh. Hormon kortisol inilah yang mengatur produksi minyak pada tubuh, termasuk bagian kulit kepala.

Mgg: Jessica Tosya