Sukses terapkan frugal living, ini cara Cinta Laura jaga riasan tetap on point agar tak boros makeup

Sukses terapkan frugal living, ini cara Cinta Laura jaga riasan tetap on point agar tak boros makeup

Brilio.net - Nama Cinta Laura Kiehl atau lebih akrab disapa Cinta Laura, tentunya tidak terdengar asing bagi banyak masyarakat Indonesia. Tak hanya dikenal sebagai aktris dan penyanyi, wanita berdarah Jerman kelahiran 17 Agustus 1993 ini merupakan model sekaligus aktivis HAM yang dikenal dengan talenta berlimpah. Tidak mengherankan apabila Cinta Laura menjadi salah satu ikon artis top Indonesia yang berhasil menorehkan banyak prestasi gemilang.

Popularitas yang didapatkan oleh Cinta Laura hingga sampai di tahap saat ini pada dasarnya melalui waktu yang cukup panjang. Pasca menjadi finalis dalam "Top Model" hampir 2 dekade lalu pada 2006, barulah namanya melejit di panggung dunia hiburan. Ia berhasil memulai debutnya sebagai aktris utama dalam sinetron berjudul Cinderella (Apakah Cinta Hanyalah Mimpi?) pada 2007. Bahkan, aktingnya pun diakui dunia internasional pasca dirinya didapuk untuk tampil dalam film The Philosopher dan The Ninth Passenger beberapa tahun kemudian. Ia juga telah merilis banyak lagu yang merambah banyak pencapaian di dunia tarik suara, seperti You say Aq, Guardian Angel, dan Vida.

Laura jaga riasan  Instagram

foto: Instagram/@claurakiehl

Meskipun telah sukses di dunia hiburan, Cinta Laura tetap memandang penting pendidikan. Hal ini dibuktikan lewat keberhasilannya menyelesaikan pendidikan dengan predikat cumlaude di Columbia University, Amerika Serikat. Keberhasilan Cinta Laura dalam menyeimbangkan dunia hiburan yang sibuk dan tuntutan akademis menunjukkan dedikasinya tak hanya sebagai artis multitalenta, tetapi juga seorang profesional yang berprestasi.

Walau kini memiliki segudang pencapaian dan kekayaan, nyatanya wanita berumur 30 tahun ini mengakui dirinya adalah seseorang yang sangat berhemat. Cinta Laura mengakui bahwa sikap tersebut merupakan hasil didikan orang tuanya yang mengajarkan untuk tidak membeli barang-barang yang tidak diperlukan.

Di tengah gempuran artis yang gemar membeli barang mewah seperti tas branded, Cinta Laura justru mengaku tak tertarik. Menurutnya, uang puluhan juta rupiah untuk membeli tas branded itu lebih baik digunakan guna hal lain. Seperti menyekolahkan anak-anak yang kurang mampu.

Kebiasaan hematnya ini juga ia terapkan dalam urusan kecantikan. Hal ini terbukti kala Cinta secara gamblang membeberkan, ia hanya memakai sembilan produk makeup dalam kesehariannya. Tak hanya itu, artis yang dikenal nggak neko-neko itu juga mengaku memakai produk kedaluwarsa dalam pouch makeup yang digunakannya sehari-hari.

Laura jaga riasan  Instagram

foto: YouTube/CintaLauraKiehlOfficial

"Ini adalah my contour kit yang sudah aku punya selama mungkin lebih 4 tahun. Aku nggak tahu sebenarnya masih boleh dipakai atau nggak. Katanya sih makeup kalau sudah lebih dari 1-2 tahun jangan dipakai lagi. Tapi aku punya ini sudah lebih dari empat tahun," ujarnya sambil tertawa dalam salah satu video di kanal YouTube pribadinya, dikutip briliobeauty.net, Kamis (1/2).

Namun begitu, bagaimanapun dirinya merupakan seorang artis papan atas. Oleh karena itu, sudah tentu Duta Piala Dunia FIBA (kejuaraan basket) ini harus memperhatikan penampilan agar bisa tampil maksimal setiap saat. Salah satu poin kunci untuk mencapainya adalah tampilan makeup yang on point, sehingga dirinya selalu "camera-ready" kapanpun dan dimanapun.

Menariknya, Cinta Laura juga punya cara tersendiri agar makeup tetap on point seharian. Dengan cara ini, secara tidak langsung Cinta menghemat makeup yang digunakan.

Nah, mau tahu nggak nih trik makeup on point ala Cinta Laura? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Gunakan base makeup full coverage.

Kegiatan sehari-hari wanita yang ditunjuk sebagai Duta Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak ini tentu mengharuskannya agar tampil sempurna tanpa cela. Oleh karena itu, penggunaan makeup sudah menjadi makanan sehari-hari. Namun begitu, Cinta Laura lebih menyukai dirinya saat bebas dari penggunaan makeup. Saat kegiatannya padat, maka wanita keturunan Jerman ini akan memilih memakai produk makeup yang bersifat full coverage, namun tetap tidak berat di kulit.

Laura jaga riasan  Instagram

foto: Instagram/@claurakiehl

Salah satu cara untuk mendapatkan efek tersebut adalah dengan menggunakan base complexion yang memiliki tingkat coverage tinggi, terutama foundation dan concealer. Melaluinya, noda-noda pada kulit akan tersamarkan dengan baik dan wajah juga akan tampak cerah merata. Selain itu, base complexion yang dipilih juga harus bersifat matte, sehingga makeup keseluruhan akan lebih tahan lama dan tak mudah longsor terkena minyak atau keringat.

Tak lupa, pemakaian makeup tersebut juga harus dibarengi dengan bedak tabur berpartikel halus. Partikel bedak yang kecil akan membuat tekstur makeup menjadi lebih rata dan mulus, sehingga tidak terkesan dempul. Semua tahapan ini diakhiri dengan setting spray untuk menyatukan dan mengunci keseluruhan makeup yang telah diaplikasikan.

Rutin pakai skincare.

Pemakaian makeup yang tampak flawless tentunya tidak bisa diakali dengan sekadar teknik atau produk yang bagus. Bagaimanapun, kondisi kulit yang tidak terawat dengan baik akan tetap terlihat meski ditutup makeup berlapis. Oleh karena itu, memiliki kondisi kulit yang sehat menjadi kunci agar wajah terjaga kecantikannya, termasuk saat memakai makeup.

Salah satu produk skincare yang penting untuk menunjang tampilan makeup adalah sunscreen. Dengan melindungi wajah dari sinar matahari, Cinta Laura berhasil membuat kulitnya tampak awet muda, sehingga pemakaian makeup di atas wajahnya pun terlihat mulus dan bagus.

"Experience aku makai sunscreen, bahwa dalam 10 tahun terakhir I haven't age and I have proof (aku tidak merasa menua, dan aku punya buktinya). Kalau kalian mau ke Instagram aku, langsung aja ada foto tahun 2010-an dan tahun 2020-an. And I haven't age since I was 16 which I'm very grateful for. Makanya aku sangat meng-encourage kalian semua memakai sunscreen," pungkasnya dalam salah satu peluncuran produk sunscreen beberapa tahun lalu.

Laura jaga riasan  Instagram

foto: Instagram/@claurakiehl

Tak hanya itu, kebersihan kulit wajah juga menjadi hal yang penting bagi Cinta. Hal ini dikarenakan semua makeup dan polusi yang menempel pasca beraktivitas bisa menimbulkan berbagai permasalahan kulit. Kulit bermasalah tentunya akan membuat makeup yang digunakan akan terasa kasar dan tidak menyatu dengan baik.

"Cuci mukanya sekitar 1 menit...bahkan kalau malam habis kena makeup dan polusi bisa aku lakukan 2 kali buat make sure semuanya itu udah bersih," ujarnya dalam salah satu video di kanal YouTube-nya.

Dengan menjaga kesehatan kondisi kulit, penggunaan makeup pun bisa diminimalisir. Bahkan kamu bisa menggunakan dua sampai tiga produk saja untuk makeup sehari-hari.

Pilih warna makeup senada dengan suasana dan pakaian.

Pemilihan warna juga menjadi suatu hal yang penting dalam dunia makeup. Memakai warna makeup yang sesuai dengan situasi dan kondisi akan membuat penampilan tampak lebih optimal. Sebaliknya, ketika menggunakan makeup dengan warna asal-asalan, hal ini akan memberi kesan berantakan yang kurang enak dilihat.

Laura jaga riasan  Instagram

foto: Instagram/@claurakiehl

Cinta Laura juga menerapkan konsep ini untuk tampil maksimal. Apabila berada di bawah cuaca panas, pelantun lagu Oh Baby ini akan memilih memakai baju berwarna terang serta mengaplikasikan makeup natural dengan nuansa hangat. Makeup natural dengan sentuhan warna oranye, merah, dan emas pada bibir serta blush on akan menciptakan efek "sun-kissed look".

Sedangkan ketika pemotretan, Cinta akan memakai makeup dengan gaya yang lebih bold untuk menunjukkan kesan tegas yang menarik.

Terapkan gaya hidup bersih dan sehat.

Laura jaga riasan  Instagram

foto: Instagram/@claurakiehl

Last but not least, kunci agar dirinya tetap tampak glowing maksimal kala beraktivitas adalah menerapkan cara hidup sehat. Menurut aktris yang memerankan Nonik dalam film Spirited (Jagat Arwah) ini, menjaga kondisi tubuh melalui konsumsi produk bernutrisi, olahraga rutin, hingga istirahat menjadi faktor penting untuk mendapatkan wajah yang cantik dan terawat. Selain secara tidak langsung dapat menghemat pemakaian makeup, kulit wajah yang sehat juga akan memberi kesan flawless saat tampil memakai riasan.

"Pertama menurut aku untuk kelihatan lebih cantik harus dimulai dari lifestyle. Aku setiap hari bangun pagi dan aku coba untuk tidur 7 sampai 8 jam setiap hari, karena tidur cukup itu penting banget. Yang aku makan itu organik, sayur-sayuran, buah-buahan, juga daging. Karena kalau makan sehat bakal automatically badannya juga bagus," tuturnya.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES