6 Perawatan rambut berhijab ala Dewi Sandra, cegah rontok dan lepek

6 Perawatan rambut berhijab ala Dewi Sandra, cegah rontok dan lepek

Brilio.net - Bagi wanita berhijab, rambut rontok adalah masalah yang paling sering dirasakan setiap hari. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Terutama bagi yang terbiasa menutup rambutnya hingga lebih dari 8 jam dikarenakan padatnya aktivitas harian di luar rumah. Padahal rambut juga membutuhkan sinar matahari agar bisa memperoleh vitamin yang penting.

Meski terlindung dari paparan panas dan asap polusi, rambut yang ditutupi kain sepanjang hari justru lebih rentan berkeringat. Hal ini tentu meningkatkan produksi sebum (minyak) berlebih, sehingga memudahkan bakteri dan kuman menumpuk. Tidak heran bila beberapa dari kamu yang berhijab mengeluh jika rambutnya menjadi rentan lepek dan berketombe.

Ternyata masalah ini juga dialami aktris cantik Dewi Sandra. Ia mengaku sejak menggunakan hijab, Dewi mengalami kerontokan pada rambutnya. Namun, hal ini tidak membuat dirinya menyesal menggunakan hijab. Dewi pun mencari cara agar ia bisa mengurangi kerontokan rambutnya. Tak hanya melakukan perawatan di salon, Dewi Sandra juga memiliki perawatan rutin di rumah dengan menggunakan berbagai produk hair care dan treatment lainnya.

Lantas perawatan apa saja yang dilakukan Dewi Sandra? Berikut enam perawatan rambut berhijab ala Dewi Sandra yang telah briliobeauty.net rangkum dari berbagai sumber, Jumat (28/10).

1. Gunakan sampo yang disesuaikan jenis rambut.

Perawatan rambut berhijab ala Dewi Sandra Berbagai sumber

foto: freepik.com

Sebagai seorang wanita berhijab dan memiliki jenis rambut yang mudah berminyak, Dewi harus benar-benar memperhatikan kebersihan rambutnya. Seperti diketahui, rambut berhijab cenderung akan lebih mudah berminyak dan lepek. Begitupun dengan Dewi yang menggunakan hijab sepanjang hari. Ia selalu menggunakan produk sampo yang disesuaikan dengan jenis rambutnya.

Menggunakan sampo yang tidak sesuai jenis rambut justru akan membuat masalah baru, seperti ketombe dan rambut rontok. Apalagi saat ini sudah banyak produk sampo yang diformulasikan untuk wanita berhijab dengan kandungan yang menyegarkan kulit kepala. Dewi selalu menggunakan sampo ringan khusus yang akan menyeimbangkan kondisi kulit kepala, mengatasi ketombe, mencegah rambut berminyak dan lepek, serta mencegah terjadinya rambut rontok.

2. Tak lupa aplikasikan kondisioner.

Perawatan rambut berhijab ala Dewi Sandra Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain menggunakan sampo khusus, Dewi juga menggunakan kondisioner dalam merawat rambut. Ia menuturkan, kondisioner berguna untuk menutrisi dan memelihara kesuburan rambut. Penggunaan kondisioner yang tepat sesuai dengan jenis rambut dapat mengurangi rambut rontok. Bahkan, perawatan rambut ini dapat membantu memperkuat folikel untuk mencegah rambut rusak. Dengan begitu, rambutnya akan tetap sehat dan terhindar dari kerontokan meski berhijab sepanjang hari.

3. Pakai vitamin rambut.

Perawatan rambut berhijab ala Dewi Sandra Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain menggunakan sampo dan kondisioner, Dewi juga rutin menggunakan vitamin rambut. Nah, menggunakan vitamin rambut secara rutin bisa memberikan sejumlah manfaat bagi rambut. Seperti diketahui, hair vitamin sangat berguna untuk kamu yang punya rambut mudah patah, rontok, dan sulit diatur karena berhijab sepanjang hari.

Tak hanya itu, hair vitamin juga dinilai lebih intensif untuk melembapkan dan menutrisi rambut. Kandungan vitamin E yang cukup banyak di dalam hair vitamin membuatnya lebih bisa menutrisi dan melembapkan tiap helai rambut tanpa bikin lepek.

4. Pastikan rambut kering sebelum berhijab.

Perawatan rambut berhijab ala Dewi Sandra Berbagai sumber

foto: freepik.com

Memastikan rambut kering sebelum pakai hijab adalah salah satu tips penting untuk menjaga kesehatan rambut. Seperti diketahui, rambut yang masih basah akan mudah rapuh sehingga akan menyebabkan rambut rontok. Tak hanya itu, rambut yang masih basah dan dipaksa untuk tertutup hijab akan merangsang minyak pada kulit kepala sehingga lebih mudah lepek dan mengakibatkan munculnya ketombe.

Oleh sebab itu, Dewi selalu membiarkan rambutnya benar-benar kering sebelum mengenakan hijab. Bisa menggunakan hair dryer atau hanya diangin-anginkan sampai kering. Cara sederhana ini bisa menyelamatkan rambut dari kerusakan, lho.

5. Pilih bahan hijab yang nyaman.

Perawatan rambut berhijab ala Dewi Sandra Berbagai sumber

foto: freepik.com

Dewi menyarankan untuk memilih bahan kain yang ramah di kulit kepala dan rambut. Hal ini juga menjadi salah satu pertimbangannya dalam memilih bahan hijab. Dewi memilih bahan hijab yang bisa meresap udara dan tidak membuat rambut pengap. Tak hanya itu, untuk menjaga rambutnya agar tidak mudah lepek, ia memilih kain tipis namun tidak tembus pandang. Jika memungkinkan, coba untuk memakai serat alami yang ringan, seperti kain chiffon atau katun. Bahan alami yang lembut akan membuat rambut bernapas lebih baik.

Hijab katun akan memberikan lebih banyak udara ke kulit kepala sekaligus tetap menjaga rambutmu tertutup. Jika kamu lebih menyukai kain sintetis, seperti nylon atau polyester, pastikan untuk menggunakan underscarf untuk membantu melindungi rambut dari risiko gesekan antar kulit kepala dan bahan kain yang dapat menyebabkan kerusakan rambut. Hal ini merupakan salah satu step penting untuk merawat kesehatan rambut ala Dewi Sandra, agar rambut terhindar dari kerusakan, lepek, dan rontok.

6. Lakukan hair spa.

Perawatan rambut berhijab ala Dewi Sandra Berbagai sumber

foto: freepik.com

Dewi memiliki rutinitas bulanan dengan melakukan hair spa di salon khusus muslimah. Menurutnya, perawatan ini dapat membuatnya rileks serta rambut menjadi terawat dan harum. Hair spa adalah perawatan rambut yang dilakukan dengan cara mengoleskan krim yang diberi tambahan vitamin atau serum rambut untuk menutrisi helaian rambut sampai ke akarnya.

Perawatan hair spa cocok untuk kamu yang memiliki rambut rontok, rambut kering, rambut kusut, serta rambut rusak yang kerap terpapar zat kimia dari penggunaan alat atau perawatan rambut tertentu. Salah satu manfaat hair spa adalah melembapkan rambut dan kulit kepala. Selain itu, masker rambut yang digunakan saat hair spa biasanya diperkaya dengan zat pelembap rambut yang mencegah rambut kering dan kusut.

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES