11 Potret pembuatan sabun rumahan ini serba manual, bungkusnya rapi bak pakai mesin otomatis

11 Potret pembuatan sabun rumahan ini serba manual, bungkusnya rapi bak pakai mesin otomatis

Brilio.net - Menjaga kebersihan tubuh adalah hal wajib agar terhindar dari berbagai penyakit, salah satunya dengan mandi 2 kali sehari. Saat mandi, orang akan menggunakan sabun untuk mengangkat bakteri dan kotoran yang menempel di permukaan kulit tubuh. Pasalnya, sabun mengandung zat pembersih yang efektif untuk membersihkan kulit dari kotoran.

Sabun sendiri terdapat berbagai jenis, seperti sabun cair dan sabun batang. Sabun batang merupakan salah satu jenis sabun mandi yang paling populer. Harganya yang murah dan penyimpanannya yang mudah membuat sabun jenis ini digemari masyarakat. Kelebihan utama sabun batang terletak pada nilai hematnya.

Selain harganya lebih murah, sabun batang juga tidak mudah habis dan lebih tahan lama. Tak heran jika sampai saat ini, banyak pabrik atau produsen yang berlomba-lomba menciptakan sabun batang dengan kualitas dan ciri khasnya masing-masing. Namun pernahkah kamu melihat proses pembuatan sabun batang?

Biasanya sabun batang diproses menggunakan mesin yang higienis dan tercetak secara otomatis. Bahkan proses pembungkusan juga menggunakan mesin, sehingga tak banyak campur tangan manusia. Tapi ternyata, masih ada beberapa produsen rumahan yang membuat sabun batang dengan cara manual.

Meski manual, namun kuallitasnya tak kalah dari sabun pabrikan, lho. Bungkusnya juga tampak rapi bak pakai mesin otomatis. Berikut 11 potret pembuatan sabun rumahan yang serba manual, dilansir briliobeauty.net dari akun YouTube Creative Ability, Jumat (10/5).

1. Di awal proses, tampak sang pekerja memasukkan bahan utama sabun yang masih berwarna putih ke dalam mesin pengaduk.

Potret pembuatan sabun rumahan serba manual Berbagai sumber

foto: YouTube/Creative Ability

2. Pekerja itu lalu memasukkan bahan tambahan yang tampak seperti jelly di mesin yang sama.

Potret pembuatan sabun rumahan serba manual Berbagai sumber

foto: YouTube/Creative Ability

(brl/mal)

tags

STORIES