Warna kulit lebih merata, ini cara mengatasi hiperpigmentasi pakai body scrub dari 1 jenis rempah

Warna kulit lebih merata, ini cara mengatasi hiperpigmentasi pakai body scrub dari 1 jenis rempah

Penggunaan kunyit pada kulit secara rutin diklaim mampu mengatasi munculnya noda gelap di wajah akibat hiperpigmentasi. Masalah kulit tersebut timbul akibat paparan sinar matahari berlebih.

Kandungan kurkumin dalam kunyit dianggap mampu mengurangi efek buruk dari sinar matahari melalui sifat antiradang dan antioksidan. Meski begitu, pemakaian sunscreen tetap dianjurkan agar perlindungan terhadap sinar matahari lebih optimal.

Sementara gula pasir, mampu membantu meremajakan kulit dan membersihkan pori-pori berkat teksturnya. Ketika kulit mati dan kotoran terangkat, kulit akan tampak bercahaya dan lebih sehat. Jika digunakan secara rutin, warna kulitmu juga akan lebih merata berkat regenerasi kulit yang bagus.

Sedangkan minyak kelapa tidak hanya sekadar dijadikan sebagai bahan untuk memasak, tetapi juga baik untuk kesehatan kulit. Menjaga kulit tetap lembap dan terhidrasi dengan menggunakan minyak kelapa dapat mempertahankan fungsi kulit sebagai penghalang masuknya bakteri, mempercepat penyembuhan bekas luka, dan menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.

Begitupun dengan amla oil yang dapat membantu kulitmu untuk mengunci mineral dan air yang ada pada tubuh. Kandungan antioksidannya yang tinggi membantu kulit untuk menyerap nutrisi. Sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan lembap serta terhidrasi. Kandungan vitamin C di dalamnya mampu mencerahkan kulit dan menghilangkan sel kulit mati penyebab warna kulit tidak merata.

Tak hanya itu, perpaduan antara vitamin C dan E di dalam minyak amla juga sangat efektif mengatasi masalah kulit yang diakibatkan dari paparan sinar matahari. Sehingga warna kulit yang tidak merata bisa diatasi dengan bahan yang satu ini.

Tak terkecuali dengan minyak zaitun yang memiliki efek antioksidan karena mengandung squalene, oleochantal, dan vitamin E. Dari kandungannya tersebut, tidak heran jika ada banyak manfaat minyak zaitun untuk kulit.

Kandungan vitamin E yang memiliki sifat antioksidan dalam minyak zaitun juga bermanfaat untuk menyamarkan bintik hitam akibat hiperpigmentasi. Noda kehitaman yang sering kali muncul seiring bertambahnya usia ini disebabkan oleh proses penuaan dan kerusakan kulit.

Hanya dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut kamu bisa membuat body scrub untuk mengatasi hiperpigmentasi di kulitmu. Yuk, simak cara membuatnya.

Cara mengatasi hiperpigmentasi pakai body scrub dari 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto: TikTok/@alexislaila_

Bahan:

1. 1 cup gula pasir.
2. 2 sendok makan kunyit bubuk.
3. 1-2 sendok makan minyak kelapa.
4. Amla oil secukupnya.
5. Minyak zaitun secukupnya.

Cara membuat:

Cara mengatasi hiperpigmentasi pakai body scrub dari 1 jenis rempah Berbagai sumber

foto:TikTok/@alexislaila_

1. Campur bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah.
2. Aduk kelima bahan sampai tercampur merata.
3. Aplikasikan keseluruh tubuh, khususnya pada bagian yang mengalami hiperpigmentasi.
4. Gosok-gosok dengan gerakan memutar secara perlahan.
5. Diamkan selama 5-10 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Gunakan body scrub ini secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil yang optimal.

@alexislaila_ Benefits: glowing skin, helps acne scarring and hyperpigmentation, moisturizing #fyp #diy #diyscrub #trending #sugarscrub Throw It Away - Summer Walker

(brl/lea)

tags

STORIES