Usia 50 tampak 15 tahun lebih muda, ini trik kencangkan kulit wajah mengendur pakai 1 bahan kue

Usia 50 tampak 15 tahun lebih muda, ini trik kencangkan kulit wajah mengendur pakai 1 bahan kue

Brilio.net - Kulit mengendur menjadi hal yang wajar terjadi pada seseorang yang sudah berusia 50 tahun. Selain kulit wajah yang mulai mengendur, orang berusia lanjut juga rentan mengalami tanda penuaan lain. Seperti munculnya keriput, garis halus, kerutan, dan flek penuaan.

Kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti paparan sinar matahari, polusi udara, kulit kering, genetik, perubahan hormonal, hingga gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa faktor tersebut dapat membuat produksi kolagen dan elastin pada kulit mengalami penurunan. Sehingga membuat regenerasi kulit juga terhambat dan berakibat pada mudah mengendurnya kulit.

Bagian kulit tubuh yang paling rentan mengalami tanda penuaan adalah wajah. Sebab wajah memiliki jaringan kulit yang tipis dan paling sering terpapar oleh sinar matahari serta radikal bebas lain. Jika kamu salah satunya, tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti unggahan dari pemilik akun TikTok @stephbeautyclinic pada 19 November 2023, yang membagikan trik kencangkan kulit wajah mengendur pakai 1 bahan kue. Bahan kue yang dimaksud adalah baking soda. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk kopi dan madu.

"At 50 years old, I have younger skin than my 15-year-old daughter! (Pada usia 50 tahun, kulit saya lebih muda dibandingkan putri saya yang berusia 15 tahun!)," katanya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @stephbeautyclinic,Minggu (10/12).

Kencangkan kulit wajah mengendur pakai baking soda Berbagai sumber

foto: freepik.com

Baking soda adalah bahan kue yang ternyata banyak memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Selain mampu mengatasi masalah komedo dan flek hitam, ternyata baking soda juga bisa mengencangkan kulit wajah. Ini karena sifatnya sebagai eksfoliator dapat membantu melancarkan peredaran darah di kulit wajah dan mengelupas sel kulit mati. Sel kulit mati yang menumpuk bisa menjadi penyebab wajah mudah mengendur, karena regenerasi kulit jadi terhambat.

Sementara kopi ternyata banyak digunakan untuk membuat masker wajah antiaging. Ini karena kandungan antioksidan dalam kopi bekerja efektif untuk mencegah penurunan kadar kolagen dan membantu meningkatkan produksi elastin. Bubuk kopi juga memiliki kandungan kafein yang tinggi untuk membuat kulit lebih kencang.

Begitupun dengan madu yang juga tak hanya dapat melembapkan wajah saja tetapi juga diklaim mampu mengencangkan wajah kendur. Pasalnya, madu dapat berperan sebagai botoks alami karena kemampuannya yang dapat membantu mengencangkan kulit kendur yang membuat kulit halus dan awet muda. Ini berkat kandungan antioksidan dan vitamin E di dalamnya.

Kencangkan kulit wajah mengendur pakai baking soda Berbagai sumber

foto: TikTok/@stephbeautyclinic

Ketiga bahan alami ini bisa kamu jadikan masker yang ampuh dalam mengencangkan kulit wajah kendur. Bahkan wajahmu akan tampak 15 tahun lebih muda lho. Begini cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 2 sendok makan bubuk kopi
2. 1 sendok makan baking soda
3. Madu secukupnya

Kencangkan kulit wajah mengendur pakai baking soda Berbagai sumber

foto: TikTok/@stephbeautyclinic

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Gosok-gosok dengan lembut menggunakan gerakan memutar kemudian diamkan selama 15 menit
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Lakukan metode ini secara rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang awet muda di usia 50 tahun.

@stephbeautyclinic At 50 years old, I have younger skin than my 15-year-old daughter!#skincare original sound - SkincarebySteph

(brl/jad)

tags

STORIES