Jangan langsung dibuang, begini cara mencegah penuaan dini pakai masker dari 1 jenis biji buah

Jangan langsung dibuang, begini cara mencegah penuaan dini pakai masker dari 1 jenis biji buah

Brilio.net - Risiko penuaan dini rentan untuk terjadi pada siapa saja, tanpa terkecuali mereka yang masih muda. Seiring bertambahnya usia, setiap sel pada tubuh sudah secara alami mengalami penuaan dan menurun fungsinya. Menjadikan penuaan sebagai proses alami yang tidak dapat dihindari.

Tentunya tidak ada seorangpun yang menginginkan terjadinya penuaan, terutama secara dini pada kulit wajah. Bila kondisi tersebut terjadi pada seseorang dengan usia muda, bisa saja dia terlihat jauh lebih tua dari umur aslinya. Alhasil, kepercayaan diri pun dapat menurun akibat kecantikan kulit yang memudar.

Penuaan dini pada wajah yaitu munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit wajah seperti kulit kendur, keriput, muncul kerutan, serta flek hitam yang muncul lebih awal sebelum proses penuaan terjadi pada umumnya yakni memasuki usia 40 tahun ke atas. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu paparan sinar matahari, kurang merawat kulit wajah, serta kebiasaan merokok yang memiliki dampak negatif untuk kulit wajah.

Apabila kulit wajah terpapar sinar matahari tanpa memakai pelindung atau sunscreen yang dapat melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, maka kulit wajahmu akan mengalami penuaan dini. Oleh karenanya, kamu perlu mencegah penuaan dini dengan melakukan perawatan kulit secara rutin, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan bahan alami yang baik untuk kulit.

Seperti halnya yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @harleenx123 pada (23/10/2020) lalu. Dalam unggahan videonya, ia memberikan cara mencegah penuaan dini pakai masker dari 1 jenis biji buah. Biji buah yang dimaksud adalah biji alpukat. Selain biji alpukat, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu madu.

"Benefits of this facial scrub - helps with hydration of your skin and aids anti-aging. Also helps get rid of acne!!! (Manfaat scrub wajah ini - membantu hidrasi kulit kamu dan membantu anti penuaan. Juga membantu menghilangkan jerawat!!!)," tulisnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @harleenx123, Senin (22/5).

Cara mencegah penuaan dini pakai masker dari 1 jenis biji buah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Biji alpukat sering kali jadi bagian yang terbuang saat menikmati buah berwarna hijau kekuningan ini. Namun, kini jangan lagi membuangnya. Sebab, ia mengandung banyak khasiat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya adalah kecantikan. Biji alpukat memiliki sifat bakterisida dan fungisida. Sifat ini membuat biji alpukat mampu menetralkan berbagai mikroorganisme berbahaya dalam tubuh.

Tak hanya itu, di dalamnya juga terkandung saponin yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membuang kolesterol jahat. Selain itu, ada pula kandungan asam lemak, serat, dan protein. Mengutip Healthline, kandungan-kandungan itu membuat biji alpukat bisa digunakan untuk tambahan makanan untuk mengobati berbagai penyakit dan juga produk kecantikan.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES