Trik menghilangkan komedo pada wajah pakai bubuk kopi ini bikin pori-pori jadi bersih

Trik menghilangkan komedo pada wajah pakai bubuk kopi ini bikin pori-pori jadi bersih

Brilio.net - Permasalahan wajah yang kerap kali dialami banyak orang tidak hanya jerawat. Namun, terdapat permasalahan lainnya seperti komedo yang kerap muncul di area hidung. Meski tidak berbahaya, namun komedo dinilai merusak penampilan karena membuat kulit wajah menjadi tidak halus.

Dilansir briliobeauty.net dari Very Well Health pada, Rabu (11/1) komedo merupakan benjolan kecil berwarna putih ataupun gelap. Permasalahan wajah yang satu ini termasuk jerawat disebabkan adanya penyumbatan yang terjadi karena minyak dan kulit mati pada pori-pori.

Kelenjar sebaceous ini memompa minyak ke pori-pori. Mulai dari itulah, pori-pori wajah terisi minyak dan kemudian mendorong ke permukaan kulit. Kondisi inilah yang menyebabkan munculnya komedo pada wajah.

Bagi kamu yang memiliki permasalahan ini, dapat diatasi dengan berbagai cara. Salah satunya adalah menggunakan bahan alami yang dijadikan masker. Bahan alami yang terbilang cukup populer dan banyak digunakan adalah bubuk kopi hitam.

Bubuk kopi ini memiliki kandungan antioksidan tinggi. Kandungan tersebut bisa melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas. Di sisi lain, adanya kandungan asam hialuronat bisa merawat kulit dan mencegah penuaan dini, serta melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Lantas bagaimana mengatasi komedo pada wajah menggunakan bubuk kopi? Kamu bisa mengikuti cara mudah membuat masker kopi untuk atasi komedo yang dibagikan Praditans.

Sebelum menggunakan masker dari bubuk kopi ini pastikan terlebih dahulu tangan dan wajah sudah dalam keadaan bersih. Kemudian siapakan air panas, kopi hitam bubuk, tisu satu lembar, handuk bersih, dan putih telur.

Trik menghilangkan komedo pada wajah pakai bubuk kopi Berbagai sumber

Trik menghilangkan komedo pada wajah pakai bubuk kopi
foto: YouTube/ Praditans

Jika semua bahan sudah siapkan, langkah berikutnya adalah potong-potong satu lembar tisu menjadi beberapa bagian. Kemudian, basahi handuk bersih menggunakan air panas tersebut dan usapkan pada bagian wajah yang berkomedo. Tahapan ini berguna untuk membuka pori-pori wajah. Di sisi lain, terdapat beberapa cara untuk membuka pori-pori wajah dengan menggunakan bahan alami lainnya. Nah kamu bisa menggunakan baking soda yang dicampur dengan air hangat.

Trik menghilangkan komedo pada wajah pakai bubuk kopi Berbagai sumber

Trik menghilangkan komedo pada wajah pakai bubuk kopi
foto: YouTube/ Praditans

Tahapan berikutnya yaitu campurkan semua bahan, seperti putih telur dan kopi bubuk secukupnya. Setelah itu, aduk hingga rata. Jika sudah, aplikasikan racikan tersebut pada bagian wajah yang berkomedo.

Trik menghilangkan komedo pada wajah pakai bubuk kopi Berbagai sumber

Trik menghilangkan komedo pada wajah pakai bubuk kopi
foto: YouTube/ Praditans

Tahapan selanjutnya adalah timpa masker tersebut menggunakan tisu yang sudah di potong-potong. Kemudian, oleskan masker kopi pada atas tisu tersebut dan oleskan masker kopi bubuk kembali. Ulangi tahapan ini kurang lebih tiga hingga empat layer. Kemudian diamkan hingga kering, kurang lebih 15 menit.

Jika sudah kering, lepaskan masker tersebut secara perlahan. Setelah itu bersihkan wajah menggunakan air biasa dan bersihkan kembali menggunakan facial. Pada tahapan terakhir ini oleskan es batu pada wajah. Ess batu dapat memberikan sejumlah manfaat, seperti mengecilkan pori-pori, menghaluskan, dan membuat wajah menjadi lebih cerah.

Hanya dengan menggunakan bahan alami yang murah dan mudah didapatkan, komedo pada wajah bisa teratasi dengan baik. Sementara itu, video yang diunggah oleh Praditans itu pun mendapatkan beragam komentar dari netizen.

"Cocok buat komedo saya nech," tulis akun @Naufalmuazzam.

"Ka kalo kopinya kalo ada gulanya gak bisa ya," tanya akun @nadiedestya.

"Bisa tp disarankan menggunakan kopi murni yang belum ada campuran gulanya biar maksimal," jawab pemilik video.

"Bagaimana kalo untuk kulit kering dan sensitif ????" tanya akun @ahmawatiindah.

"aman aman aja kok," jelas Praditans.

(brl/ola)

tags

Advertising
Advertising
STORIES