Trik bikin gigi putih cemerlang bak bleaching pakai 1 jenis bumbu dapur, plak autobersih tak bersisa

Trik bikin gigi putih cemerlang bak bleaching pakai 1 jenis bumbu dapur, plak autobersih tak bersisa

Brilio.net - Gigi adalah bagian penting dari sistem pencernaan manusia yang memiliki peran utama dalam proses pengunyahan makanan. Namun, karena gigi selalu dipakai untuk proses konsumsi makan dan minum, gigi kemudian menjadi sangat rentan untuk terkena banyak kotoran dari sisa-sisanya. Akibatnya, gigi yang seharusnya terlihat putih mengkilat itu malah menjadi tampak kotor kekuningan.

Selain tampak kotor, gigi yang tampak kekuningan sangat rentan berbuah menjadi masalah lainnya berupa munculnya plak. Secara singkat, plak bisa diartikan sebagai lapisan lengket yang terbentuk oleh bakteri yang hidup di mulut dan menyatu dengan sisa makanan dan air liur.

Nah, bakteri yang terkandung di dalam plak ini akan menghasilkan asam yang dapat merusak lapisan enamel gigi. Lama kelamaan, apabila tidak dibersihkan dengan baik, asam ini akan terus merusak gigi dan memicu terbentuknya plak dan berbagai masalah lainnya, termasuk membentuk lubang pada gigi lho.

Untuk mengatasi masalah plak ini, terkadang menggosok gigi saja tidaklah cukup, terutama apabila kotoran pada gigi tersebut telah lama mengendap. Oleh karena itu, kamu bisa memaksimalkan usaha menggosok gigi tersebut dengan beberapa bahan alami yang mudah ditemukan. Salah satu solusinya adalah dengan mencampurkan pasta gigi dengan bubuk kunyit dan air lemon seperti yang ditunjukkan oleh @madinashrienzada di Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (4/8).

putih cemerlang bak bleaching  Instagram

foto: freepik.com

Meskipun acap digunakan sebagai rempah dalam masakan, kunyit nyatanya memiliki manfaat besar bagi gigi lho. Mengandung senyawa yang disebut kurkumin, komponen ini memiliki manfaat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengatasi bakteri yang menyebabkan masalah gigi, salah satunya plak gigi. Selain itu, kemampuan mencerahkan yang juga dimiliki oleh kurkumin dalam kunyit ini bisa membantu menghilangkan noda kuning dan mengurangi peradangan pada gusi.

putih cemerlang bak bleaching  Instagram

foto: freepik.com

Lemon sendiri adalah buah yang terkenal kaya akan kandungan vitamin C, antioksidan, dan sifat antibakterinya. Vitamin C dalam lemon membantu meningkatkan produksi kolagen dalam gusi sehingga mendukung kesehatan gusi. Plus, sifat antibakteri alami pada lemon dapat bekerja mengurangi pertumbuhan bakteri yang menyebabkan plak sehingga bisa mengurangi potensi gigi berlubang. Akan tetapi, karena kandungannya yang cukup poten, jangan terlalu sering menggunakannya pada gigi secara langsung ya.

(brl/pep)

tags

STORIES