Gigi autoputih, ini trik mengatasi plak dan bau mulut pakai 1 jenis rempah dapur

Gigi autoputih, ini trik mengatasi plak dan bau mulut pakai 1 jenis rempah dapur

Brilio.net - Memiliki nafas yang segar dan gigi yang putih merupakan impian bagi kebanyakan orang. Namun sayangnya, untuk mendapatkan hal tersebut bukanlah perkara mudah. Karena banyak faktor yang dapat memicu bau mulut dan plak hingga karang gigi. Plak gigi merupakan lapisan lengket dan bening pada permukaan gigi yang terbentuk dari sisa makanan.

Bahaya plak gigi tidak hanya memengaruhi kesehatan gigi dan mulut, tetapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tidak sedikit orang yang menganggap sepele plak dan karang gigi. Padahal, bahaya plak gigi patut diantisipasi karena dapat menjadi awal mula terbentuknya karang gigi. Karang gigi yang tidak diatasi dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan jaringan pendukung gigi.

Faktor utama timbulnya plak gigi adalah malas gosok gigi atau membersihkan gigi. Tanpa rutinitas membersihkan gigi atau sikat gigi yang baik, plak gigi akan menumpuk dengan cepat dan menjadi tebal, lalu mengeras. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi juga disinyalir mempercepat penumpukan plak di sela-sela gigi dan gusi.

Tak hanya merusak gigi, plak dan karang gigi juga akan membuat nafas jadi berbau tidak sedap. Lebih dari 90% kasus bau mulut berasal dari gigi dan mulut yang kotor karena bakteri. Setiap kali kamu makan, sisa-sisa makanan dapat menempel di sela gigi atau yang disebut dengan plak akan menjadi makanan bagi bakteri.

Meski begitu, ada banyak faktor lainnya yang juga bisa menjadi penyebab bau mulut, mulai dari merokok, makan makanan beraroma kuat, hingga kondisi medis serius. Apa pun penyebabnya, jangan sampai bau mulut menurunkan kepercayaan diri kamu. Nah, kamu bisa mengatasinya dengan rajin menggosok gigi dan memaksimalkannya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satunya seperti unggahan dari video TikTok @wulan.0033 pada 28 Februari lalu. Melalui unggahannya tersebut pemilik akun membagikan tentang trik mengatasi plak dan bau mulut pakai 1 jenis rempah dapur. Rempah dapur yang dimaksud adalah jahe. Selain jahe, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu jeruk nipis.

"Bau mulut hilang, gigi autoputih," katanya dalam videon unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @wulan.0033, Selasa (4/7).

Trik mengatasi plak dan bau mulut pakai 1 jenis rempah dapur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain ampuh menghangatkan badan kala hujan, jahe juga termasuk cara alami untuk mengatasi bau tak sedap di mulut. Dilansir dari Daily Mail, bahan kimia yang memberi rasa pedas dalam jahe, merangsang enzim di dalam mulut yang memecah zat-zat yang membuat bau napas tak sedap. Sehingga bisa menghilangkan bau tak sedap. Diketahui, senyawa yang mengandung belerang dari makanan dapat menciptakan bau yang tidak enak di mulut seseorang.

Air rebusan jahe memiliki kemampuan menghilangkan bau mulut karena kandungan senyawa gingerol yang bersifat antibakteri. Bahkan kandungan ini juga mampu mengikis plak yang menempel pada gigi, serta mampu merontokkan karang gigi jika digunakan secara rutin sebagai obat kumur.

Sedangkan, jeruk nipis memiliki aroma segar yang dapat menutupi bau mulut. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang dapat menciptakan lingkungan yang tidak disukai bakteri. Buah-buahan sitrus seperti jeruk nipis juga mampu merangsang produksi air liur yang berfungsi sebagai antiseptik dan pembersih mulut alami.

Jeruk yang berbentuk kecil dan identik dengan rasa asamnya ini ternyata juga bisa menghilangkan karang gigi lho. Kadar asam pada jeruk nipis bisa membantu untuk membersihkan plak pada gigi. Namun, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakannya. Hal tersebut karena kadar asam pada jeruk nipis memiliki efek buruk jika digunakan secara berlebihan.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES