Trik atasi ketiak berbau dan gelap dengan masker alami, cukup gunakan 3 bahan dapur

Trik atasi ketiak berbau dan gelap dengan masker alami, cukup gunakan 3 bahan dapur

Brilio.net - Ketiak merupakan bagian lipatan tubuh antara lengan dan badan. Di dalam ketiak, terdapat kelenjar apokrin yang bisa menghasilkan cairan yang biasa disebut sebagai keringat.

Keringat pada dasarnya tidak berbau, namun ketika terkontaminasi dengan kuman dan bakteri pada kulit maka akan menjadi bau. Sebenarnya, ketiak bisa dihasilkan melalui seluruh bagian tubuh, hanya saja keringat pada ketiak mengandung protein dan lemak yang lebih banyak. Sehingga aroma keringat yang dihasilkan oleh ketiak kerap kali berbau tidak sedap.

Masalah lain yang kerap dialami pada bagian ketiak adalah warna kulit yang gelap. Ada berbagai macam faktor yang menyebabkan kulit ketiak menjadi menggelap. Seperti kesalahan dalam teknik mencukur bulu, kulit ketiak yang terlalu sering bergesekan dengan baju ketat, dan paparan bahan kimia dari deodoran yang bisa menumpuk sel kulit mati.

Oleh karena itu, setelah beraktivitas menggunakan deodoran ketiak harus dibersihkan. Jika tidak, residu yang tertinggal pada kulit akan membuat ketiak menjadi lebih gelap.

Langkah utama untuk menghindari masalah pada ketiak adalah dengan menjaga kebersihan tubuh. Dengan rutin mandi minimal 2 kali sehari pada pagi dan sore dapat membersihkan kuman dan kotoran penyebab bau keringat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan sabun antibakteri untuk keringat yang membandel. Setelah mandi, bisa mengaplikasikan deodoran untuk mencegah keringat berbau.

Apabila kamu malas menggunakan deodoran jenis roll-on, karena efek basah atau bahkan terasa lengket. Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba deodoran spray yang praktis. Perbedaan utama deodoran stick, roll-on, dan spray adalah cara menggunakannya.

Untuk spray, kamu hanya cukup menyemprot pada area ketiak, lalu area ketiak terlindungi. Cocok untuk kamu yang kurang suka dengan efek basah dari deodoran roll on. Nah, cek di bawah ini untuk rekomendasi deodoran spray yang bisa kamu coba.

Namun, tidak perlu khawatir apabila ketiak masih sering berbau dan memiliki warna yang gelap karena kamu bisa mengatasinya dengan bahan alami. Briliobeauty.net telah merangkum cara membuat masker alami penghilang bau dan pencerah ketiak yang dilansir dari video pengguna akun TikTok @food_skin_life.

Mgg: Azahra Amalia Sugiyarto

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES