Tanpa tambahan tomat, begini trik memutihkan wajah penuh flek hitam dengan 1 jenis umbi-umbian

Tanpa tambahan tomat, begini trik memutihkan wajah penuh flek hitam dengan 1 jenis umbi-umbian

Oleh karena itu, banyak orang mencari cara untuk mengatasi flek hitam sekaligus memutihkan wajahnya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tanpa tambahan tomat, pemilik akun TikTok @aayurvedam justru menggunakan 1 jenis umbi-umbian, yakni kentang. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk kunyit.

"Aayurvedic Remedy For Prevent Pigmentation (Obat Aayurveda Untuk Mencegah Pigmentasi)," katanya dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @aayurvedam, Rabu (4/10).

Memutihkan wajah penuh flek hitam dengan 1 jenis umbi-umbian Berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain kerap dijadikan bahan utama dalam pembuatan makanan, kentang mengandung protein, serat, gula, vitamin C, vitamin B6, vitamin K dan potasium yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. Salah satu manfaatnya adalah memutihkan kulit yang penuh flek hitam.

Kentang mengandung enzim katekolase yang dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan bintik hitam akibat paparan sinar matahari. Kentang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, seng, potasium, dan fosfor yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Selain itu, kentang dapat mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit dengan kandungan asam azelaic-nya.

Begitupun dengan bubuk kunyit yang dikenal sebagai rempah yang mampu mengatasi flek hitam pada wajah. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam kunyit yang mampu melawan radikal bebas sebagai salah satu penyebab kulit kusam. Bahkan kandungan kurkumin pada kunyit juga dapat memudarkan flek hitam dan bekas jerawat.

Dengan kedua bahan yang sudah disebutkan, kamu dapat membuat masker atau scrub wajah yang efektif untuk memutihkan wajah penuh flek hitam. Apabila digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan wajah yang cerah, mulus, dan bebas noda. Begini cara membuatnya.

Bahan:

Memutihkan wajah penuh flek hitam dengan 1 jenis umbi-umbian Berbagai sumber

foto: TikTok/@aayurvedam

1. 1 buah kentang
2. 1 sendok teh bubuk kunyit

Cara membuat:

Memutihkan wajah penuh flek hitam dengan 1 jenis umbi-umbian Berbagai sumber

foto: TikTok/@aayurvedam

1. Cuci kentang sampai bersih dari kotoran yang menempel
2. Potong-potong kentang menjadi lebih tipis secara horizontal atau vertikal
3. Tuangkan bubuk kunyit pada permukaan kentang yang sudah dipotong
4. Ratakan keseluruh permukaan kentang
5. Gosokkan kentang dan bubuk kunyit buatanmu ini pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
6. Gosok dengan lembut selama 2-3 menit kemudian diamkan selama 10 menit
7. Bilas menggunakan air sampai bersih dan bekas kuning pada wajah menghilang
8. Keringkan wajah lalu aplikasikan pelembap andalanmu
9. Gunakan masker atau scrub ini secara rutin setiap hari atau 2 hari sekali untuk mendapatkan wajah yang putih dan mulus secara alami.

@aayurvedam Aayurvedic Remedy For Prevent Pigmentation #preventpigmentation original sound - Aayurvedam

(brl/mal)

tags

STORIES