Tanpa tambahan kopi, ini trik hempas kotoran pada pori-pori penyebab komedo dengan 1 jenis buah-buahan

Tanpa tambahan kopi, ini trik hempas kotoran pada pori-pori penyebab komedo dengan 1 jenis buah-buahan

Brilio.net - Walaupun memiliki ukuran yang kecil, komedo menjadi masalah kulit yang sering kali mengganggu penampilan. Pasalnya, masalah kulit tersebut muncul sebagai bintik-bintik hitam di pori-pori kulit, sehingga sekilas terlihat seperti kotoran yang bisa mengurangi kemulusan wajah.

Namun, komedo merupakan salah satu masalah wajah yang sangat umum terjadi. Hampir semua orang pernah mengalaminya, tapi anak remaja dan dewasa yang paling sering memiliki komedo. Perubahan hormon yang cukup signifikan pada masa pubertas diduga menjadi penyebabnya. Apalagi jika mereka tidak rajin membersihkan wajah.

Komedo terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak, polusi, debu, dan kotoran. Berbagai faktor tersebut juga dapat membuat pori-pori jadi tampak lebih besar. Jika tak segera diatasi maka komedo tersebut lama-kelamaan akan menjadi jerawat.

Untuk meminimalkan risiko pori-pori tersumbat akibat kotoran yang akan menjadi komedo, kamu tentu harus menjaga kebersihan kulit dengan baik. Selain itu, kamu harus rajin melakukan eksfoliasi wajah. Nah, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk melakukan eksfoliasi wajah ini.

Tanpa tambahan kopi, karena pemilik akun TikTok @manalmuffin pada 4 Februari 2021, menggunakan 1 jenis buah-buahan. Buah yang maksud adalah jeruk. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu oatmeal dan madu.

"homemade mask for open pores! (masker buatan sendiri untuk pori-pori terbuka!)," katanya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @manalmuffin, Selasa (26/9).

Hempas kotoran pada pori-pori dengan 1 jenis buah-buahan Berbagai sumber

foto: freepik.com

Jeruk memiliki warna dan tekstur yang sangat unik. Buah ini tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kecantikan kulit wajah. Hal ini dikarenakan jeruk mengandung vitamin C yang kaya akan antioksidan. Antioksidan yang tinggi dapat melawan dampak negatif dari radikal bebas.

Salah satunya menghilangkan kotoran yang tersumbat di pori-pori. Sehingga jeruk bekerja sangat baik untuk mengecilkan pori-pori. Selain mengecilkan pori-pori, jeruk juga bisa mengangkat komedo yang membandel.

Oatmeal juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mencegah komedo. Oatmeal memiliki sifat pembersihan yang lembut dan dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Ini membantu mengurangi jerawat dan komedo serta meningkatkan tekstur kulit. Pemakaian oatmeal secara rutin dapat membantu membuka pori-pori dan memberikan kamu kulit yang halus dan bersih.

Tak terkecuali dengan madu yang bisa dijadikan sebagai eksfoliator untuk wajah. Madu akan membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat minyak, sel kulit mati, debu, dan kotoran. Madu juga bisa membantu mengecilkan pori-pori dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

(brl/pep)

tags

STORIES