Tanpa serum khusus, ini trik memperkuat skin barrier agar nggak jerawatan pakai 1 jenis buah

Tanpa serum khusus, ini trik memperkuat skin barrier agar nggak jerawatan pakai 1 jenis buah

Brilio.net - Skin barrier merupakan sebutan bagi lapisan pelindung di bagian terluar kulit yang disebut stratum korneum. Skin barrier tersusun atas protein dan lipida seperti kolesterol, ceramides, dan asam lemak yang saling berinteraksi untuk membentuk 'dinding' pelindung kulit. Hal inilah yang kemudian membuat skin barrier dapat menjaga kelembapan, mencegah penguapan faktor hidrasi, serta melindungi kulit dari paparan eksternal berbahaya secara efektif.

Namun begitu, fungsi-fungsi di atas hanya akan berjalan baik apabila skin barrier memang terjaga dengan baik. Sayangnya, beberapa faktor seperti paparan berlebihan terhadap sinar UV, polusi, serta penggunaan bahan kimia abrasif di kulit dapat melemahkan lapisan pelindung kulit ini. Ketika skin barrier mengalami kerusakan, hal ini dapat memicu berbagai masalah kulit muncul, salah satunya seperti jerawat.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Kerusakan skin barrier tidak hanya mengakibatkan peningkatan kehilangan air dari kulit, namun juga memungkinkan kuman patogen masuk sehingga memicu peradangan. Ketika kulit mengalami peradangan, kelenjar minyak di bawah kulit menjadi lebih aktif dalam menghasilkan lebih banyak minyak. Akumulasi minyak berlebih yang bercampur bersama kotoran kulit ini dapat menciptakan lingkungan ideal bagi bakteri untuk berkembang biak. Inilah sebabnya mengapa skin barrier yang rusak dapat memicu munculnya radang jerawat.

Eits, apabila kamu tengah menghadapi masalah ini, nggak perlu bingung. Soalnya ada banyak bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengembalikan fungsi dan memperbaiki skin barrier. Hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh pemilik akun Instagram @creative_explained yang memanfaatkan campuran buah kiwi, madu, dan oats seperti dilansir briliobeauty.net padaRabu (13/9).

(brl/jad)

tags

Advertising
Advertising
STORIES