Tanpa perlu urang aring, ini trik menghitamkan rambut beruban hanya pakai 1 kulit bahan bumbu dapur

Tanpa perlu urang aring, ini trik menghitamkan rambut beruban hanya pakai 1 kulit bahan bumbu dapur

Brilio.net - Permasalahan pada kulit kepala ketika memasuki usia senja tidak hanya mengenai rambut yang mudah patah dan rontok saja. Melainkan perubahan warna rambut dari hitam ke putih atau biasa disebut uban juga menjadi momok bagi sebagian besar orang. Penyebab munculnya rambut beruban ini disebabkan oleh adanya perubahan pigmen. Semakin bertambahnya usia, melanosit atau sel-sel yang memproduksi melanin akan mengalami penurunan. Akibatnya, rambut mulai kehilangan warna aslinya dan muncul lah uban.

Nah, munculnya rambut putih tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti stres, paparan polusi dan sinar matahari, serta kekurangan nutrisi. Kekurangan vitamin dan mineral seperti vitamin B12, vitamin D, dan tembaga bisa mempengaruhi kesehatan rambut dan mempercepat munculnya rambut beruban.

Untuk mengembalikan warna rambut tersebut biasanya kamu perlu melakukan perawatan dengan menggunakan pewarna rambut atau bahan alami, seperti halnya urang aring. Namun kini tanpa urang aring, kamu bisa lho menghitamkan rambut dengan menggunakan bahan lainnya.

Dalam artikel kali ini menggunakan bahan alami berupa kulit bawang merah. Kulit bawang merah yang biasanya dibuang dengan percuma ini ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan rambut. Hal ini lantaran kulit bawang merah mengandung senyawa katekin dan antosianin yang bisa merangsang produksi melanin pada akar rambut dan membantu menghitamkan rambut.

Sementara itu, kalonji seed atau jintan hitam mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi yang bisa memperkuat akar rambut dan meningkatkan pertumbuhan akar. Tidak hanya itu, kandungan berupa asam lemak, omega-3 , omega-6, dan vitamin B juga dapat membuat rambut lebih berkilau.



(brl/far)

tags

STORIES