Tanpa pakai skincare mahal, ini cara menghilangkan noda hitam membandel di wajah pakai 2 jenis daun

Tanpa pakai skincare mahal, ini cara menghilangkan noda hitam membandel di wajah pakai 2 jenis daun

Brilio.net - Warna kulit manusia pada dasarnya tersusun atas kumpulan pigmen kulit yang disebut melanin. Secara umum, melanin diproduksi merata menyesuaikan dengan warna asli kulit. Akan tetapi keseimbangan produksi melanin dapat terganggu oleh beberapa faktor, sehingga bisa membuatnya berkurang atau semakin bertambah. Saat jumlah melanin bertambah dengan cepat, maka akan berujung pada munculnya masalah kulit, salah satunya kemunculan noda hitam.

Kemunculan noda hitam di wajah tentu menjadi permasalahan yang sangat mengganggu. Selain merusak penampilan, noda hitam juga mampu memunculkan perasaan insecure atau kurang percaya diri. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin mengatasi problematika ini, penting untuk memahami akar penyebabnya dan mengenali jenis noda hitam yang muncul di wajah.

Noda hitam yang ada pada kulit wajah merupakan salah satu bentuk hiperpigmentasi. Kondisi tersebut bisa muncul akibat produksi melanin berlebih oleh sel kulit. Melanin merupakan zat yang memiliki manfaat dalam menimbulkan warna pada kulit. Kulit yang terlalu banyak melanin bakal terlihat lebih gelap.

Kemunculan noda hitam biasanya dapat berasal dari 2 hal, yakninya bekas jerawat dan kulit wajah yang terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama tanpa perlindungan. Namun ada juga penyebab lain dari noda hitam yaitu usia, genetik, hiperpigmentasi setelah peradangan di kulit, dan ketidakseimbangan hormon.

Kamu dapat dengan mudah mengenali terjadinya hiperpigmentasi dengan memperhatikan flek atau noda berwarna gelap pada bagian kulit tertentu. Noda tersebut dapat berukuran kecil ataupun besar. Selain itu, kamu juga harus tahu kalau noda hitam itu tidak cuma bisa muncul di wajah, tetapi anggota tubuh lainnya seperti leher, lutut, badan, ataupun lengan.

Cara menghilangkan noda hitam di wajah ini tak mudah. Kamu harus lebih peduli pada kondisi kulit wajah dan merawatnya dengan rutin. Noda hitam dapat memudar ataupun dihilangkan seluruhnya dengan obat resep, prosedur medis, serta perawatan di rumah. Perawatan ala rumahan ini juga tak kalah efektif lho dengan perawatan yang dilakukan oleh para ahlinya. Asalkan dilakukan secara rutin.

(brl/ola)

tags

STORIES