Tak gunakan beras, ini trik pudarkan kerutan dan noda hitam di wajah pakai masker dari 1 bahan minuman

Tak gunakan beras, ini trik pudarkan kerutan dan noda hitam di wajah pakai masker dari 1 bahan minuman

Brilio.net - Munculnya kerutan dan noda hitam menjadi beberapa tanda yang tidak dapat dihindari dari proses penuaan. Secara alami, proses penuaan pada dasarnya terjadi karena menurunnya tingkat fungsional tubuh manusia, termasuk pada kulit.

Kulit yang awalnya dapat mempertahankan kelembapan alami lama-kelamaan akan kehilangan kemampuannya untuk memproduksi kolagen yang bertanggung jawab atas hal tersebut. Akhirnya, berbagai masalah kulit di atas pun muncul seiring penuaan terjadi.

Namun begitu, nyatanya ada faktor-faktor yang bisa mempercepat munculnya penuaan. Beberapa hal seperti paparan sinar matahari, polusi lingkungan, hingga gaya hidup yang tidak sehat pada dasarnya dapat terakumulasi menjadi "stres oksidatif" yang dapat merusak sel-sel kulit. Alhasil, penuaan kulit pun bisa muncul di usia orang yang masih muda sekalipun.

Eits, meskipun jelas faktanya penuaan tidak dapat dihindari, tanda-tandanya sendiri bisa kok kamu tunda dengan mengurangi intensitasnya. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi kerutan dan noda hitam di wajah. Pertama yaitu menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Lalu, merawat kulit menggunakan pembersih wajah yang bisa menghilangkan kotoran, debu, dan pori-pori yang menyebabkan timbulnya noda hitam. Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa menggunakan bahan yang berasal dari bahan alami, seperti teh hijau dan aloe vera seperti ditunjukkan oleh @insidebeautycare di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (2/8).

trik pudarkan kerutan dan noda hitam berbagai sumber

foto: freepik.com

Teh hijau telah dikenal secara luas karena khasiatnya dalam meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit. Teh hijau mengandung polifenol, katekin, dan sifat antioksidan yang tinggi sehingga memiliki sifat anti-penuaan dan anti-inflamasi alami. Kandungan antioksidan dalam teh hijau membantu melawan radikal bebas yang merusak kulit.

Kandungan polifenol dalam teh hijau membantu merangsang produksi kolagen sehingga elastisitas dan kekencangan kulit tetap terjaga. Plus, teh hijau juga memiliki efek anti-inflamasi yang bermanfaat dalam mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit.

trik pudarkan kerutan dan noda hitam berbagai sumber

foto: freepik.com

Sementara itu, gel lidah buaya atau aloe vera terkenal dengan sifat penyembuhnya karena manfaat dari enzim, asam amino, dan vitamin di dalamnya. Kombinasi ini bekerja sama untuk memberikan kelembapan dan nutrisi yang diperlukan oleh kulit kerutan lama-lama akan terpudarkan. Selain itu, gel lidah buaya juga memiliki kemampuan untuk memberikan tampilan kulit yang lebih cerah.

Nah, kedua bahan di atas ini bisa kamu sulap menjadi masker wajah dengan beberapa step saja seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan daun teh hijau (atau 1 kantung teh hijau)
2. 2 sendok makan gel aloe vera
3. Wadah kecil.

Cara membuat:

trik pudarkan kerutan dan noda hitam berbagai sumber

foto: Instagram/@insidebeautycare

1. Seduhlah terlebih dahulu daun atau kantung teh hijau untuk mendapatkan air teh hijau.
2. Masukkan 2 sendok makan gel aloe vera.
3. Lanjutkan dengan menuangkan setidaknya 2 sendok makan air teh hijau ke dalam wadah tersebut.
4. Aduk rata seluruh bahan di atas.
5. Aplikasikan sebagai masker pada wajah secara merata.
6. Diamkan selama kurang lebih 30 menit.
7. Bila waktunya telah habis, bilaslah dengan air dingin hingga bersih dari residunya.

(brl/lea)

tags

STORIES