9 Cara membuat scrub wajah dari bahan alami, aman digunakan

9 Cara membuat scrub wajah dari bahan alami, aman digunakan

Brilio.net - Scrub wajah atau eksfoliasi salah satu rutinitas yang bisa kamu lakukan untuk perawatan kecantikan. Scrub wajah sendiri merupakan metode pengelupasan kulit. Pada bahan scrub wajah mengandung bulir-bulir kasar yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang tersumbat pada pori-pori.


Dilansir dari Skinkraft, kamu bisa memilih scrub yang disesuaikan dengan jenis kulit, misalnya kulit berminyak, masalah kulit berminyak cenderung dengan munculnya jerawat. Kamu tentunya membutuhkan scrub untuk mengatasi masalah jerawat.


Kamu bisa memilih bahan yang mengandung asam salisilat sebagai anti jamur yang mengatasi peradangan pada jerawat. Kalau kamu memiliki jenis kulit kering, bisa menggunakan scrub yang mengandung asam glikolat. Kandungan tersebut bermanfaat untuk melembapkan wajah.


Selain itu, untuk kulit sensitif bisa menggunakan scrub dengan kandungan propilen glikol yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Dan yang terakhir kulit kombinasi bisa menggunakan scrub dengan kandungan asam salisilat dan asam glikolat sehingga kulit tak hanya bersih dan cerah, tapi uga lembap dan sehat.


Dilansir dari Healthline, untuk cara scrub wajah yang benar adalah dengan membersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian gunakan scrub sesuai dengan jenis kulit kamu dengan gerakan memutar. Cara menggosok scrub sendiri harus lembut dan perlahan agar kulit tak mudah iritasi akibat bulir-bulir dalam scrub. Kamu bisa menggunakan scrub dua kali dalam seminggu dan fokus pada bagian T-zone, seperti hidung, dahi, dan dagu.


Dengan rutin menggunakan scrub wajah, banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti mengangkat sel-sel kulit mati, mengecilkan pori-pori, menghilangkan flek hitam, memudarkan bekas jerawat, menghaluskan kulit, memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan dan melembapkan kulit.


Melihat pentingnya rutin menggunakan scrub, saat ini sudah banyak produk scrub yang dijual pasaran. Namun tak jarang scrub tersebut mengandung bahan kimia yang tak justru bisa membuat kulit iritasi atau alergi. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa membuat scrub sendiri di rumah dengan bahan alami lho. Apa saja bahan-bahan yang digunakan? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (20/1).


1. Kopi

Cara membuat scrub dari bahan alami

foto: Pixabay/christoph


Scrub wajah yang pertama kamu bisa membuat dari kopi dan minyak zaitun. Kopi tak hanya sebagai bahan dasar minuman yang enak dinikmati, tapi ampas kopi juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk scrub wajah. Kandungan kafein dan antioksidan pada keduanya dipercaya mampu mencerahkan wajah secara alami.


Caranya, kamu bisa siapkan satu sendok makan ampas kopi dan minyak zaitun. Kemudian aduk rata dan gosokan ke wajah secara lembut. Diamkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air biasa.


2. Tomat dan yogurt

Cara membuat scrub dari bahan alami

foto: Pixabay/kie-ker


Tomat salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin yang bagus untuk kecantikan. Kamu juga bisa menggunakan tomat untuk scrub alami.


Caranya siapkan tomat kemudian blender halus. Ambil dua sendok teh bubur tomat dan yogurt, kemudian tambahkan satu sendok teh perasan jeruk lemon. Setelah itu oleskan pada wajah dan leher secara merata, diamkan hingga mengering dan bilas dengan air bersih.


3. Garam laut

Cara membuat scrub dari bahan alami

foto: Pixabay/mkupiec7

Sudah sejak lama garam laut dijadikan sebagai bahan alami untuk scrub. Kamu bisa memilih garam laut yang memiliki butiran yang lebih halus agar kulit wajah tidak iritasi.


Cara membuatnya, kamu bisa siapkan setengah cangkir garam laut, kemudian tambahkan setengah cangkir minyak essential. Aduk hingga rata kemudian gosok ke wajah secara perlahan. Jika sudah bilas dengan air bersih.


4. Oatmeal

Cara membuat scrub dari bahan alami

foto: Pixabay/pezibear

Selain dijadikan makanan untuk orang-orang yang sudah menjalankan diet, oatmeal juga dianggap sebagai bahan alami untuk scrub wajah. Caranya siapkan dua sendok makan oatmeal, campurkan dengan satu sendok makan minyak zaitun dan susu murni, diamkan hingga melunak.


Tambahkan beberapa tetes air mawar dan aduk hingga rata, setelah itu oleskan pada wajah sambil diberi pijatan halus. Diamkan selama tiga sampai lima menit dan bilas dengan air bersih.


5. Gula merah

Cara membuat scrub dari bahan alami

foto: Pixabay/couleur


Gula merah mengandung asam glikolat dan memiliki sifat antibakteri yang dapat membuat kulit sehat dan bercahaya. Kamu bisa menjadikan gula merah sebagai bahan alami untuk scrub wajah.

Caranya, siapkan dua sendok makan gula merah dan dua sendok makan madu. Setelah itu aduk keduanya hingga memiliki tekstur seperti pasta. Aplikasikan ke wajah dan beri pijatan lembut. Biarkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.


6. Kulit mangga

Cara membuat scrub dari bahan alami

foto: Pixabay/shutterbug75

Mangga salah satu buah yang menjadi favorit banyak orang. Selain daging buahnya yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, ternyata kulit mangga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk scrub wajah lho. Pada kulit mangga mengandung AHA (Alpha Hydroxyl Acids) yang dapat membantu pengelupasan sel kulit mati. Wajah juga akan lebih halus dan lembut.


Cara membuat scrub kulit mangga sangat mudah, siapkan kulit mangga dan blender sampai halus, kemudian oleskan pada wajah secara merata sambil digosokan secara perlahan. Diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air hangat.


7. Teh hijau dan gula

Cara membuat scrub dari bahan alami

foto: Pixabay/mirkostoedter


Teh hijau mengandung anti radang dan zat antioksidan dan anti radang yang dapat menjaga kesehatan kulit. Teh hijau juga biasa dijadikan sebagai scrub alami yang dapat menurunkan risiko radikal bebas dari paparan sinar matahari.


Kamu bisa siapkan dua kantong teh hijau, setengah cangkir air panas, satu cangkir gula merah, dan seperempat minyak kelapa yang sudah dipanaskan. Setelah itu masukan kantong teh ke air panas lalu sisihkan. Setelah itu campurkan gula merah dan minyak kelapa di wadah yang berbeda, aduk hingga rata.

Lantas campurkan ampas teh ke campuran gula merah dan minyak. Aduk hingga rata. Setelah itu aplikasikan ke wajah, sambil diberi pijatan. Diamkan 5 menit dan bilas dengan air biasa.


8. Lemon dan gula

Cara membuat scrub dari bahan alami

foto: Pixabay/furbymama

Cara mudah lainnya membuat scrub dengan menggunakan lemon dan gula. Kedua bahan ini dianggap dapat membantu mencerahkan dan melembapkan wajah.


Caranya campurkan setengah perasaan lemon, setengah cangkir gula pasir, satu sendok makan olive oil, dan satu sendok makan madu, aduk semua bahan dan terapkan ke wajah. Gosokan secara perlahan selama satu menit, kemudian bilas dengan air biasa.


9. Minyak kelapa

Cara membuat scrub dari bahan alami

foto: Pixabay/silviarita

Cara membuat scrub wajah dari bahan alami yang terakhir adalah dengan menggunakan minyak kelapa dan gula. Kedua bahan ini dapat membantu melembapkan wajah dan mengangkat sel kulit mati.


Kamu bisa campurkan dua sendok makan gula pasir dan satu sendok minyak zaitun. Campur kedua bahan, lalu gosokan ke wajah dengan gerakan memutar selama satu menit. Setelah itu bilas wajah dengan air bersih. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal.

(brl/lea)

tags

Advertising
Advertising
STORIES