Tanpa madu, ini trik perkuat skin barrier agar wajah tidak cepat keriput pakai 1 jenis biji-bijian

Tanpa madu, ini trik perkuat skin barrier agar wajah tidak cepat keriput pakai 1 jenis biji-bijian

Brilio.net - Kulit pada dasarnya memiliki lapisan pelindung alami yang sering disebut sebagai skin barrier. Skin barrier sendiri tersusun atas protein dan lipida seperti kolesterol, ceramides, dan asam lemak yang bersatu membentuk dinding pelindung kulit. Secara umum, fungsi utama skin barrier adalah menjaga kelembapan kulit serta melindunginya dari paparan eksternal berbahaya secara efektif.

Namun begitu, fungsi-fungsi di atas hanya akan berfungsi baik apabila skin barrier pada kulit juga dalam kondisi yang bagus. Sayangnya, beberapa faktor seperti paparan berlebihan terhadap sinar UV, polusi, serta penggunaan bahan kimia abrasif di kulit dapat melemahkan lapisan pelindung kulit ini. Ketika skin barrier mengalami kerusakan, hal ini dapat memicu berbagai masalah kulit muncul, salah satunya adalah penuaan dini.

Kerusakan skin barrier sejatinya akan mengakibatkan berkurangnya kelembapan kulit secara signifikan. Dalam prosesnya, hal ini akan mengacaukan sistem produksi kolagen dan elastin untuk mempertahankan struktur kulit karena keduanya dipengaruhi oleh tingkat kelembapan. Akibatnya, elastisitas kulit pun lama-kelamaan akan semakin berkurang, sehingga menjadi kendur dan memunculkan banyak kerutan seperti keriput dan garis halus.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES