Tanpa lemon dan tepung beras, begini trik memutihkan wajah belang pakai 1 jenis umbi-umbian

Tanpa lemon dan tepung beras, begini trik memutihkan wajah belang pakai 1 jenis umbi-umbian

Salah satunya seperti unggahan dari akun TikTok @mahes0812 pada 5 Juni 2023 lalu. Dalam unggahan tersebut, pemilik akun membagikan trik memutihkan wajah belang pakai satu jenis umbi-umbian. Umbi-umbian yang dimaksud adalah beetroot atau buah bit. Selain itu, ada juga yogurt yang digunakan sebagai bahan tambahan.

Buah bit (Beta vulgaris) atau bit gula adalah tanaman berupa umbi-umbian yang memiliki rasa manis dan lunak. Tak hanya bagus untuk kesehatan, buah yang satu ini juga dapat memberikan manfaat untuk kecantikan kulitmu. Manfaat buah bit untuk kecantikan diperoleh dari kandungan antioksidan, vitamin serta gizi yang ada di dalamnya.

Putihkan wajah belang pakai 1 jenis umbi-umbian Berbagai sumber

foto: freepik.com

Dalam buah tersebut juga mengandung senyawa meliputi alkaloid, steroid, glikosida, beta karoten, asam pantotenik, niacin, thiamin, riboflavin. Tidak hanya itu saja, buah bit juga kaya akan vitamin yang baik bagi tubuh seperti vitamin B6, vitamin B3, vitamin B2, vitamin E, vitamin K, vitamin A, dan vitamin C.

Kandungan vitamin C dan buah bit diklaim dapat menghambat perkembangan melanin yang bisa menyebabkan bintik hitam atau hiperpigmentasi. Selain itu, vitamin C yang melimpah di dalam buah bit juga bisa membantu mencerahkan kulit. Bahkan bisa digunakan untuk memperbaharui sel kulit yang rusak dan memberi nutrisi yang menyebabkan kulit menjadi lebih sehat dan cerah.

Tak hanya menjadi camilan menyehatkan, yogurt juga bisa jadi bagian dari rutinitas perawatan kulit wajah kamu sehari-hari. Dengan dimanfaatkan sebagai masker wajah, yogurt bisa mencerahkan kulit sekaligus meratakan warna kulit belang. Hal ini berkat kandungan asam laktat pada yogurt yang bekerja dengan menghambat produksi enzim tirosinase.

Tirosinase adalah suatu jenis enzim yang bertanggung jawab memproduksi melanin, yakni pigmen yang membuat warna kulit lebih gelap. Asam laktat dalam yogurt juga merupakan antibiotik yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah.

Hanya dengan kedua bahan tersebut, kamu dapat membuat masker wajah yang diklaim mampu memutihkan kulit wajah yang belang. Bahkan jika digunakan secara rutin, kamu juga akan mendapatkan wajah yang cerah dan glowing. Berikut cara membuatnya, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok @mahes0812 pada Jumat (8/9).

Bahan:

Putihkan wajah belang pakai 1 jenis umbi-umbian Berbagai sumber

foto: TikTok/@mahes0812

1. 2 buah beetroot atau buah bit
2. 1-2 sendok makan yogurt

Cara membuat:

Putihkan wajah belang pakai 1 jenis umbi-umbian Berbagai sumber

foto: TikTok/@mahes0812

1. Kupas buah bit lalu cuci sampai bersih
2. Parut buah bit hingga halus
3. Jemur buah bit yang sudah diparut hingga benar-benar kering
4. Masukkan buah bit kering pada blender, kemudian haluskan sampai berbentuk bubuk
5. Ambil 2 sendok makan bubuk buah bit dan tambahkan yogurt
6. Aduk keduanya sampai tercampur merata hingga bertekstur seperti pasta
7. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
8. Diamkan selama 30 menit atau sampai kering
9. Bilas menggunakan air sampai bersih
10. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer andalanmu
11. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang putih merata.

@mahes0812 beetroot face mask #beetrootmask #beetrootpowder #facemaskchallenge #fypviral #fyp original sound - MDL FASHION HOUSE

(brl/mal)

tags

STORIES