Tanpa gunakan madu, ini cara atasi tumit pecah-pecah agar kenyal bak kulit bayi pakai 1 jenis tepung

Tanpa gunakan madu, ini cara atasi tumit pecah-pecah agar kenyal bak kulit bayi pakai 1 jenis tepung

Namun, penggunaan minuman bersoda ini harus diperhatikan lagi karena beberapa kandungan bahan kimia di dalamnya dapat membuat kulit iritasi. Selain minuman bersoda, bahan tambahan seperti tepung jagung dan kopi bubuk juga diperlukan. Kedua bahan alami ini memiliki kandungan dan manfaatnya bagi kulit. Bahan pertama, yaitu tepung jagung berguna sebagai eksfoliator, sehingga bisa melembutkan tumit kaki yang pecah-pecah.

Sedangkan bubuk kopi tidak hanya berguna sebagai eksfoliator saja. Bahan minuman yang satu ini mengandung sifat antioksidan dan antiinflamasi, sehingga dapat mengurangi peradangan, serta meningkatkan sirkulasi darah. Maka dari itu, sel-sel kulit mati pun dapat terangkat dan membuat kulit tampak lebih cerah.

Tepung jagung bisa mengatasi tumit pecah-pecah.

cara atasi tumit pecah-pecah berbagai sumber

foto: YouTube/Beauty.secret1

Tepung jagung tidak hanya dijadikan sebagai bahan makanan saja, melainkan memiliki manfaat dan kandungannya untuk perawatan kulit, terutama tumit pecah-pecah. Tepung jagung mengandung sifat-sifat pelembap alami yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Ketika diterapkan pada tumit kaki yang pecah-pecah, tepung jagung membantu melembutkan kulit yang kering dan kasar, serta mencegah kekeringan lebih lanjut.

Adanya sifat antiinflamasi dan menenangkan dapat membantu meredakan peradangan dan iritasi pada kulit yang pecah-pecah. Ini memungkinkan proses penyembuhan kulit menjadi lebih cepat dan lebih efektif. Sedangkan adanya kandungan nutrisi dalam tepung jagung, seperti vitamin dan mineral dapat membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan pada kulit.

Manfaat kombinasi kopi dan tepung jagung.

cara atasi tumit pecah-pecah berbagai sumber

foto: freepik.com

Di sisi lain, kombinasi kopi dan tepung jagung memberikan sejumlah manfaat bagi tumit kaki. Kopi mengandung butiran yang kasar dan asam klorogenat yang berfungsi sebagai agen eksfoliasi alami. Ketika digunakan bersama dengan tepung jagung, kedua bahan tersebut dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan menghilangkan kulit yang kasar dan pecah-pecah.

cara atasi tumit pecah-pecah berbagai sumber

foto: YouTube/Beauty.secret1

Adanya kandungan kafein dalam kopi memiliki sifat yang dapat meningkatkan sirkulasi darah saat digunakan secara rutin. Ini membantu menyuplai lebih banyak nutrisi ke area yang diobati dan mempercepat proses penyembuhan. Tidak hanya itu, aroma kuat yang dimiliki oleh kopi ini mampu menghilangkan bau tak sedap pada tumit kaki dan menyebarkan aroma segar setelah diaplikasikan.

Sedangkan kombinasi dengan tepung jagung mampu melembapkan kulit kering. Pasalnya, jenis tepung satu ini memiliki sifat pelembap alami. Bagi kamu yang tertarik untuk menggunakan bahan-bahan alami sebagai perawatan kaki, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Beauty.secret1, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (20/6).

Bahan-bahan:

cara atasi tumit pecah-pecah berbagai sumber

foto: YouTube/Beauty.secret1

- 1 buah sabun batang
- 1 botol minuman bersoda
- 1 sendok makan tepung jagung
- 1 sendok makan kopi bubuk

Cara membuat:

cara atasi tumit pecah-pecah berbagai sumber

foto: YouTube/Beauty.secret1

1. Haluskan satu buah sabun batang tersebut
2. Masukkan parutan sabun batang tersebut ke dalam panci
3. Tuangkan satu botol minuman bersoda
4. Tambahkan satu sendok makan tepung jagung
5. Masukkan kopi bubuk ke dalam panci tersebut
6. Masak bahan campuran tersebut dan aduk-aduk agar tidak menggumpal
7. Jika tekstur sudah berubah menjadi lebih creamy, angkat dan dinginkan.

Selanjutnya, aplikasikan pada seluruh bagian kaki, termasuk tumit yang pecah-pecah. Gosok secara perlahan, lalu dibalut dengan selembar plastik putih dan kaus kaki. Jika sudah, diamkan kurang lebih 15 hingga 20 menit. Langkah berikutnya bilas dengan air biasa. Nah, agar tumit pecah-pecah ini bisa teratasi dengan cepat, kamu bisa menggunakan trik ini secara rutin yaitu tiga kali dalam seminggu.

(brl/mal)

tags

Advertising
Advertising
STORIES