Tanpa chemical peeling, ini trik atasi flek hitam akibat jerawat hanya pakai toner dari 1 jenis bunga

Tanpa chemical peeling, ini trik atasi flek hitam akibat jerawat hanya pakai toner dari 1 jenis bunga

Brilio.net - Flek hitam pada wajah tidak hanya disebabkan oleh kulit yang mengalami penuaan dini. Melainkan, bisa disebabkan oleh adanya bekas jerawat yang tertinggal. Bekas jerawat atau hiperpigmentasi pasca-inflamasi ini bisa terjadi karena kulit merespons terjadinya peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (minyak), sel kulit mati, dan bakteri propionibacterium acnes ini menyebabkan terjadinya peradangan di dalam folikel kulit. Nah, selama proses peradangan ini sel-sel kulit menghasilkan melanin (pigmen yang memberi warna pada kulit). Produksi melanin yang berlebihan dapat menyebabkan bekas jerawat tampak lebih gelap dari warna kulit normal.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, sebagian besar orang akan memilih menggunakan treatment di klinik kecantikan. Metode yang digunakan adalah chemical peeling yang bekerja dengan cara mengelupas lapisan kulit atas. Tujuan utamanya yaitu untuk mengangkat sel-sel kulit mati, meregenerasi sel kulit baru, meningkatkan tekstur, mengatasi hiperpigmentasi, dan pigmentasi.

Namun selain perawatan tersebut, kamu bisa lho menghilangkan flek hitam karena bekas jerawat dengan menggunakan face toner dari jenis bunga yaitu chamomile. Bunga yang satu ini mengandung bisabolol yang dapat menenangkan dan mengatasi kulit meradang. Lalu, adanya kandungan flavonoid, azulene, polifenol , dan asam butanamida ini dapat melindungi kulit dari radikal bebas, mencegah penuaan, dan mengatasi flek hitam.

Untuk membuat face toner dari bahan alami ini cukup mudah. Bagi kamu yang belum mengetahui caranya, bisa mensontek tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube @Cecil vig, Jumat (26/5).

(brl/wen)

tags

Advertising
Advertising
STORIES