Tanpa campuran madu, dokter ini tunjukan cara atasi rambut rontok cuma pakai 1 bumbu dapur

Tanpa campuran madu, dokter ini tunjukan cara atasi rambut rontok cuma pakai 1 bumbu dapur

Manfaat bawang putih atasi rambut rontok.

tunjukan cara atasi rambut rontok berbagai sumber

foto: YouTube/Dokter Fery

Bumbu masakan yang satu ini tidak hanya menjadi campuran masakan saja. Melainkan mempunyai manfaat dan kandungan yang bisa membuat rambut kamu tumbuh lebat. Menurut Dokter Fery, bawang putih ini mengandung senyawa yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Bukan tanpa sebab, bawang putih ini memiliki sifat antimikroba yang menjaga kulit kepala bebas dari infeksi.

Selain itu, bawang putih memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit kepala dan mencegah masalah kulit kepala yang dapat menyebabkan rambut rontok. Adanya senyawa sulfur dalam bawang putih dipercaya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Hal ini diketahui mampu merangsang pertumbuhan rambut baru.

Dilansir dari healthline.com, Kamis (29/2), kandungan nutrisi dalam bawang putih, termasuk vitamin B6 dan selenium, dapat membantu menguatkan akar rambut dan mencegah kerontokan. Bahkan adanya vitamin C dalam bawang putih ini berguna melawan radikal bebas dan melindungi rambut dari kerusakan.

Apakah minyak kelapa mampu mengatasi rambut rontok?

tunjukan cara atasi rambut rontok berbagai sumber

foto: freepik.com

Minyak kelapa tidak hanya digunakan untuk bahan masakan saja. Bahan alami satu ini memiliki sifat pelembap alami yang membantu menjaga kulit kepala tetap lembap dan sehat, dan mencegah kulit kepala kering. Minyak kelapa kaya akan asam lemak sehat, termasuk asam laurat, dengan sifat antiinflamasi dan antimikroba. Kandungan tersebut membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mengurangi risiko peradangan.

Adanya kandungan vitamin E, dan K dalam minyak kelapa mampu memperbaiki rambut rusak dan kering. Bahkan bisa memperkuat batang rambut. Di sisi lain, minyak kelapa ini mampu memberikan kelembapan alami, membuatnya berkilau, dan lembut.

Bawang putih cegah penuaan di kulit kepala.

tunjukan cara atasi rambut rontok berbagai sumber

foto: freepik.com

Selain manfaat yang disebutkan di atas, bawang putih ini memiliki kemampuan untuk mencegah penuaan pada kulit kepala. Dilansir dari healthline.com, bawang putih melindungi keratinosit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV) dan dipercaya mampu mencegah penuaan, seperti munculnya uban. Perlu kamu ketahui keratinosit merupakan sel kulit yang menghasilkan keratin. Sel-sel ini berada di lapisan luar kulit kamu, termasuk kulit di kulit kepala, dan di folikel rambut.

Untuk cara menggunakan kedua bahan di atas, kamu bisa mengikuti langkah-langkah yang dibagikan oleh Dokter Fery, sebagai berikut:

Bahan:

- 1 siung bawang putih
- 5 sendok makan minyak kelapa hangat.

Cara membuat dan menggunakan:

1. Haluskan bawang putih terlebih dahulu
2. Campurkan bawang putih dengan minyak kelapa
3. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata
4. Oleskan ramuan tersebut ke seluruh lapisan rambut
5. Pijat-pijat kulit kepala secara perlahan
6. Diamkan kurang lebih 30 menit
7. Bilas hingga bersih dengan air dan sampo
8. Gunakan trik ini secara rutin kurang lebih tiga kali dalam seminggu.



(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES