Tanpa beli produknya, ini cara buat minuman kolagen agar garis halus tak muncul pakai 1 bahan lalapan

Tanpa beli produknya, ini cara buat minuman kolagen agar garis halus tak muncul pakai 1 bahan lalapan

Brilio.net - Minuman kolagen kini menjadi tren dalam industri kecantikan karena diyakini bisa membantu mengurangi garis halus dan kerutan di wajah. Tidak hanya itu, minuman kolagen juga bisa meningkatkan elastisitas kulit. Perlu kamu ketahui, kolagen merupakan protein struktural utama dalam tubuh yang berguna untuk menjaga kekuatan, dan elastisitas pada kulit.

Cara kerja minuman kolagen dengan meningkatkan produksi kolagen, sehingga ketika mengonsumsinya dapat memberikan tambahan protein bagi kulit. Meskipun kolagen yang dikonsumsi tidak langsung menyerap ke kulit, namun diyakini bisa memberikan sinyal kepada tubuh untuk meningkatkan produksi kolagen sendiri.

Pasalnya, kolagen yang cukup bisa membantu menjaga kekencangan kulit dan mengurangi penampilan garis halus, serta kerutan. Hal ini bisa memberikan tampilan kulit yang terlihat lebih awet muda dan kenyal. Tidak hanya itu, minuman kolagen juga bisa membantu dalam memperbaiki struktur kulit yang rusak akibat penuaan dini dan paparan sinar UV.

Itulah cara kerja dan manfaat dari minuman kolagen. Untuk mendapatkannya kamu tak perlu membelinya. Pasalnya, kamu bisa membuat minuman kolagen sendiri di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Terdapat tiga bahan utama yang bisa kamu manfaatkan, yaitu mentimun, jahe, dan lemon. Semua bahan tersebut memiliki kandungan dan manfaatnya masing-masing.

Mentimun mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan kafein yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kolagen dan menyebabkan penuaan dini. Selain itu, mentimun mengandung silika yang bisa memperkuat struktur kulit, dan menjaga kekencangan.

Jahe yang merupakan bahan rempah dan minuman mengandung senyawa-senyawa antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan pada kulit, membantu melawan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, dan mendukung produksi kolagen. Jahe juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, membawa nutrisi ke sel-sel kulit yang membantu dalam produksi kolagen yang sehat.

Sementara itu, lemon mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan produksi kolagen. Sifat asam sitrat dalam lemon ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat regenerasi kulit, sehingga kulit mendapatkan tampilan yang lebih cerah dan tampak awet muda. Bahan tambahan yaitu daun mint mampu memberikan kesegaran pada kulit.

Selain itu, kandungan antiinflamasinya mampu meredakan iritasi. Lalu, biji selasih mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas dan melindungi kolagen dari kerusakan. Lantas bagaimana cara membuat minuman kolagen dari bahan-bahan di atas? Berikut ini tutorial yang bisa kamu ikuti, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari channel YouTube foodiesmadness, Selasa (21/11).

Bahan-bahan:

ini cara buat minuman kolagen berbagai sumber

foto: YouTube/foodiesmadness

1. 1 buah mentimun
2. 1 ruas jahe
3. 1 buah lemon
4. 4 lembar daun mint
5. Selasih

Cara membuat:

ini cara buat minuman kolagen berbagai sumber

foto: YouTube/foodiesmadness

1. Cuci terlebih dahulu mentimun
2. Potong menjadi beberapa bagian
3. Masukkan ke dalam gelas blender
4. Bersihkan jahe terlebih dahulu dan iris-iris
5. Campurkan dengan mentimun
6. Tambahkan perasan jeruk lemon dan daun mint
7. Haluskan semua bahan
8. Masukkan biji selasih secukupnya pada gelas kecil dan tuangkan air secukupnya
9. Diamkan biji selasih beberapa menit
10. Tuangkan pada gelas baru dan tambahkan madu secukupnya
11. Tuangkan jus pada gelas
12. Lalu, aduk hingga semuanya mencampur jadi satu
13. Minuman kolagen siap untuk dikonsumsi.

(brl/mal)

tags

STORIES