Tanpa baking soda, ini trik menghilangkan noda dan plak pada gigi pakai 1 jenis minyak esensial

Tanpa baking soda, ini trik menghilangkan noda dan plak pada gigi pakai 1 jenis minyak esensial

Mustard oil merupakan salah satu jenis minyak yang tak hanya bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, bahan yang satu ini juga dapat mengatasi berbagai masalah gigi.

Minyak mustard dapat membantu memperkuat gusi dan menghilangkan plak. Noda gigi ini umumnya terbentuk karena bakteri yang dikelilingi oleh membran lemak.

Selain itu, minyak mustard juga diklaim bisa mengurangi peradangan gusi dan mengontrol pendarahan pada gusi. Hal ini karena kandungan polyunsaturated fatty acids (PUFAs) atau asam lemak tak jenuh ganda pada minyak mustard dapat mencegah penyakit gusi atau periodontitis.

Oleh karena itu, minyak mustard dinilai dapat menghilangkan plak dan noda yang dapat digunakan dengan cara oil pulling (berkumur dengan minyak mustard) untuk mengurangi plak dan bakteri.

Sedangkan garam, mengandung mineral, kalsium, fosfor, dan fluor. Seluruh kandungan ini dianggap bermanfaat untuk membantu gigi tampak putih.

Mineral terbanyak pada garam adalah natrium klorida. Kalsium dan fosfor di dalamnya berfungsi untuk membentuk tulang dan gigi. Sementara itu, fluor berperan dalam membentuk email gigi.

Garam juga merupakan antiseptik alami yang dapat membasmi bakteri. Selain itu, garam juga dapat membantu melepaskan partikel makanan dan kotoran di sela-sela gigi yang dapat menyebabkan plak. Oleh karena itu, tak perlu heran jika kamu menemukan obat kumur (mouthwash) yang mengandung garam.

Begitupun dengan bubuk kunyit yang dikenal manfaatnya untuk mengatasi noda dan plak gigi.Kunyit dipercaya bermanfaat untuk membantu memutihkan gigi.

Ini tak lepas dari kandungan kurkumin di dalamnya. Bahan aktif ini banyak terdapat di dalam kunyit. Kurkumin memiliki khasiat sebagai antibakteri, antioksidan, antiinflamasi, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, kunyit menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk peradangan akibat bakteri. Sifat antiplak dan antiinflamasi dari kurkumin dalam kunyit mampu mengontrol jumlah bakteri dan mencegah peradangan dalam rongga mulut.

Hilangkan noda dan plak gigi pakai 1 minyak esensial Berbagai sumber

foto: TikTok/@riyarashviya05

Hanya dengan ketiga bahan alami tersebut, kamu dapat membuat ramuan yang bermanfaat untuk menghilangkan noda dan plak membandel pada gigi. Jika digunakan secara rutin, kamu akan mendapatkan gigi yang putih, bersih, dan bonus nafas yang segar. Begini cara membuatnya.

Bahan:

1. 1/2 sendok teh garam
2. 1/2 sendok teh bubuk kunyit
3. Mustard oil secukupnya
4. Pasta gigi secukupnya

Buat gigi kamu lebih sehat, bersih, dan segar dengan Antiplaque Total Solutions Toothpaste. Pasta gigi ini diperkaya dengan Arnica Montana Extract yang berperan sebagai inflamasi untuk mempercepat penyembuhan sariawan di mulut, Cloxifenol untuk membunuh bakteri serta jamur yang menyebabkan masalah pada mulut dan gigi, Eugenia Caryophyllus Extract (Cengkeh) untuk meredakan ngilu pada gusi yang mengalami pembengkakan dan nyeri pada gigi sensitif, serta fluoride untuk mencegah lubang dan menguatkan enamel gigi. Untuk membelinya lewat e-commerce kamu bisa cek di bawah ini.

Hilangkan noda dan plak gigi pakai 1 minyak esensial Berbagai sumber

foto: TikTok/@riyarashviya05

Cara membuat:

1. Campurkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk keempat bahan tersebut sampai tercampur merata
3. Gunakan ramuan ini untuk menggosok gigimu
4. Gosok-gosok dengan lembut dan menyeluruh hingga ke sela-sela gigi
5. Kumur-kumur menggunakan air sampai bersih
6. Gunakan ramuan ini secara rutin 2 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

@riyarashviya05

original sound - riya05

(brl/lea)

tags

STORIES