Tanpa air mawar, ini trik mengecilkan pori-pori kulit agar tak mudah tersumbat pakai 1 sumber protein

Tanpa air mawar, ini trik mengecilkan pori-pori kulit agar tak mudah tersumbat pakai 1 sumber protein

Brilio.net - Pori-pori merupakan bagian penting dari sistem kelenjar minyak di kulit yang berfungsi sebagai rongga pernapasan kulit dalam mengeluarkan minyak dan keringat dari tubuh. Biasanya, ukuran pori-pori pada kulit yang sehat akan terlihat rapat sehingga menampakkan kesan kulit yang halus dan mulus pada wajah seseorang. Namun begitu, ada banyak kondisi yang membuat ukuran pori-pori membesar sehingga membuat kulit tampak kasar dan tidak bersih.

Salah satu penyebab utama membesarnya ukuran rongga pori-pori adalah terjadinya produksi minyak berlebih di kulit yang dapat dipicu oleh beberapa hal seperti perubahan hormon, paparan sinar matahari, dan polusi. Dalam prosesnya, kelenjar sebasea pada kulit terpacu untuk mengeluarkan banyak sebum sehingga kotoran, sel kulit mati, dan bakteri pada kulit akan dengan mudah menempel. Akibatnya, kotoran yang terperangkap di area pori-pori tersebut berujung menyumbat rongga tadi dan memicu terjadinya masalah seperti komedo dan jerawat.

Akan tetapi, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu bingung kok. Soalnya, kamu bisa mencoba mengandalkan manfaat yang dikandung oleh sumber-sumber alami sebagai solusi alternatif. Salah satunya seperti memanfaatkan campuran putih telur dan lemon seperti yang dicontohkan oleh @doctorjanine di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Senin (18/9).

pori-pori kulit agar tak mudah tersumbat  Instagram

foto: freepik.com



Putih telur mengandung protein albumin yang memiliki sifat pengencangan kulit. Protein ini membantu mengurangi ukuran pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih, yang dalam prosesnya akan merapatkan lubang pori-pori. Putih telur juga mengandung lisozim, enzim alami yang memiliki sifat antimikroba yang membantu membunuh bakteri pada pori-pori yang tersumbat dan menjaga kulit tetap bersih.

pori-pori kulit agar tak mudah tersumbat  Instagram

foto: freepik.com

Sementara itu, lemon kaya akan vitamin C, antioksidan, dan asam sitrat. Vitamin C berperan penting dalam memperbaiki dan meregenerasi jaringan kulit. Antioksidan membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit dan menyebabkan jerawat. Asam sitrat, di sisi lain, memiliki sifat astringen dan eksfoliasi alami yang membantu menghilangkan sel-sel kulit mati serta membersihkan pori-pori, sehingga mengurangi tampilan komedo besar dan potensi munculnya masalah seperti komedo.

Nah, kedua bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 2 Butir telur
2. 1/2 Potong buah lemon segar
3. Wadah kecil
4. Alat pengaduk (whisk)

Langkah pengerjaan:

pori-pori kulit agar tak mudah tersumbat  Instagram

foto: Instagram/@doctorjanine

1. Pecahkan 2 butir telur dan pisahkan bagian putihnya untuk digunakan.
2. Masukkan putih telur tersebut dalam wadah kecil, lalu aduk secara konstan.
3. Sembari diaduk, peraslah 1/2 buah lemon dan campurkan bersama putih telur tadi.
4. Aduk kembali hingga semua tercampur rata.
5. Aplikasikan campuran ini pada area wajah yang telah dibersihkan sebelumnya.
6. Diamkan selama 20 menit atau hingga benar-benar mengering.
7. Setelahnya, angkat dan bersihkan campuran tersebut dengan air hingga wajah bersih dari residu.
8. Gunakan sekitar 2 kali seminggu pada malam hari saja untuk mendapat hasil terbaik.

(brl/far)

tags

STORIES