Tampak cerah tanpa suntik putih, ini cara meratakan warna kulit pakai scrub dari 2 bahan pemanis

Tampak cerah tanpa suntik putih, ini cara meratakan warna kulit pakai scrub dari 2 bahan pemanis

Cara meratakan warna kulit pakai scrub dari 2 bahan pemanis Berbagai sumber

Cara meratakan warna kulit pakai scrub dari 2 bahan pemanis
freepik.com

Tak hanya dikonsumsi untuk menambah rasa manis pada makanan atau minuman, gula juga bisa digunakan untuk kulit dan kecantikan. Salah satu penggunaan gula untuk perawatan tubuh dan wajah adalah sebagai scrub untuk eksfoliasi. Scrub dengan bahan dasar gula memiliki tekstur sedang (mild) yang mampu membantu mengangkat sel kulit mati. Gula juga mampu membantu meremajakan kulit dan membersihkan pori-pori. Ketika kulit mati dan kotoran terangkat, kulit akan tampak bercahaya dan lebih sehat.

Sementara madu, memiliki senyawa aktif, seperti vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, vitamin K, karotenoid, flavonoid, dan asam fenolik. Berkat kandungan tersebut, madu dipercaya mampu menyembuhkan bekas luka, membersihkan jerawat, hingga meratakan warna kulit.

Sedangkan bubuk kopi, bukan cuma untuk makanan dan minum saja. Kopi juga digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit. Nah, kopi menjadi salah satu bahan yang punya manfaat sebagai eksfoliator (bahan eksfoliasi), menurut situs Penn Medicine. Eksfoliasi dengan bubuk kopi ini dapat membuat kulit lebih mulus dan kulit lebih cerah merata.

Tentunya efek ini tidak bisa didapatkan langsung secara instan, melainkan butuh waktu, tapi aman dan menyehatkan. Selain untuk wajah, eksfoliasi menggunakan kopi juga bisa kamu terapkan di pada bagian kulit tangan, kaki, badan, dan punggung.

Begitupun dengan tepung beras yang terbuat dari gilingan beras. Bahan makanan ini sering digunakan untuk keperluan membuat kue dan jajanan tradisional. Namun, sejumlah orang juga kerap memanfaatkannya sebagai perawatan kulit. Asam ferulat dan asam para-aminobenzoic yang terkandung dalam tepung-tepungan ini mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Melansir dari Medicina Cutanea Ibero-Latino-Americana, kandungan para aminobenoic mampu mendorong pertumbuhan sel dan membantu memperbaiki kerusakan akibat paparan langsung dari sinar matahari. Sehingga kulit akan tampak lebih cerah dan bebas belang.

Tak terkecuali dengan tomat yang juga dapat membantu untuk mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Seperti dilansir Healthline, sebuah studi mengenai herbal exfoliant pada 2011 menyebutkan, kandungan pektin dan flavonoid yang ada dalam tomat memiliki efek membersihkan sekaligus antioksidan yang berguna untuk meratakan tekstur dan warna kulit.

(brl/ola)

tags

STORIES