Tak perlu perawatan antiaging, ini trik atasi kerutan di wajah pakai masker kolagen dari 1 jenis sayur

Tak perlu perawatan antiaging, ini trik atasi kerutan di wajah pakai masker kolagen dari 1 jenis sayur

Brilio.net - Ketika umur mulai menua, munculnya kerutan di wajah adalah hal yang umum terjadi. Namun, hal itu akan mengurangi rasa percaya diri seseorang. Apalagi bagi sebagian orang yang sering melakukan aktivitas di luar rumah dan memiliki intensitas terpapar cahaya matahari yang tinggi. Hal itu akan mengakibatkan adanya kerutan dini pada wajah.

Penyebab munculnya kerutan adalah melambatnya produksi kolagen dan elastin di lapisan dermis akibat faktor usia, sehingga elastisitas dan kekenyalan kulit wajah berkurang. Faktor usia ini masih ditambah dengan faktor eksternal, di antaranya paparan sinar UV dari matahari, polusi, dan gaya hidup tidak sehat seperti merokok.

Memang, tidak ada yang senang dengan kemunculan kerutan di wajah. Sebab, munculnya keriput dapat membuat tampilan wajah tampak lebih tua dari usia seharusnya. Untuk melawan kerutan ini, kamu harus lebih cermat memilih kandungan bahan aktif dalam produk-produk skincare. Pilih yang dapat membantu menstimulasi produksi kolagen dan elastin sehingga kulit wajah menjadi lebih elastis, kenyal, dan kencang.

Selain itu, kamu bisa membuat tampilan kerutan tersamarkan dengan menghidrasi dan melembapkan kulit wajah dengan optimal. Nah, kamu dapat menerapkan berbagai cara menghilangkan kerutan di wajah secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Walaupun cara menghilangkan kerutan di wajah ini tidak langsung memberikan hasil yang instan, tetapi kemunculan keriput atau kerutan dapat diminimalisir atau dikurangi.

Salah satunya seperti video yang dibagikan oleh akun TikTok @resep_sehat pada (12/5) lalu. Video tersebut berisi tentang trik atasi kerutan di wajah pakai masker kolagen dari 1 jenis sayur. Sayur yang dimaksud adalah wortel. Tak hanya wortel, ia juga menambahkan bahan lain yaitu kuning telur, madu, dan minyak esensial.

Yuk bun buat kolagen alami untuk kerutan diwajah," ungkapnya sebagai keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @resep_sehat, Jumat (7/7).

Trik atasi kerutan di wajah pakai masker kolagen dari 1 jenis sayur Berbagai sumber

foto: freepik.com

Wortel adalah salah satu jenis sayuran rendah kalori yang mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Salah satu khasiat wortel yang paling terkenal adalah kandungan vitamin A yang tinggi. Selain terkenal mampu menjaga kesehatan mata, wortel juga bermanfaat untuk kondisi kulit yang lebih sehat.

Vitamin A pada wortel bekerja memperbaiki jaringan kulit dan melindungi terhadap sengatan sinar matahari. Wortel mampu membantu memperlambat penuaan sel kulit karena adanya senyawa beta karoten serta kandungan vitamin A dan C di dalamnya. Senyawa tersebut bersifat antioksidan dan dinilai dapat membuat kulit tidak mudah mengalami mengalami kerutan sebagai salah satu tanda penuaan.

Sementara itu, kuning telur, dapat membuat kulit menjadi lebih elastis sehingga kerutan pada wajah bisa dicegah. Paduan protein dan antioksidan pada kuning telur adalah nutrisi ampuh untuk membuat kulit lebih kencang dan halus. Vitamin A didalamnya juga sangat penting dalam mengurangi kerutan yang terjadi di kulit akibat faktor usia dan paparan sinar matahari.

Begitupun dengan madu yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan perawatan kulit karena mengandung antimikroba, antibakteri, antioksidan, vitamin B, vitamin C, serta sifat penyembuhan luka. Antioksidan alami yang terkandung di dalam madu akan membantu mengontrol munculnya kerutan serta garis halus pada wajah. Penggunaan madu sebagai bahan masker buatan sendiri dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga wajah akan tampak awet muda dan bercahaya.

Tak terkecuali dengan minyak esensial yang juga mampu membantu menghilangkan kerutan di wajahmu. Hal ini berkat kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak esensial, sehingga mampu membantu mengencangkan kulit.

(brl/pep)

tags

Advertising
Advertising
STORIES