Tak perlu pakai masker charcoal, ini trik bersihkan pori dan komedo di wajah dengan 1 jenis buah

Tak perlu pakai masker charcoal, ini trik bersihkan pori dan komedo di wajah dengan 1 jenis buah

Salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk menghilangkan komedo dan pori tersumbat adalah charcoal. Charcoal atau arang aktif merupakan bahan yang ampuh mengangkat minyak dan kotoran penyebab komedo. Namun, ada bahan alami lain yang nyatanya tak kalah ampuh dari charcoal lho. Seperti unggahan dari akun TikTok @dr.steinhealth pada 7 Desember 2023, yang justru memakai 1 jenis buah. Buah yang digunakan adalah tomat. Ia juga menambahkan pasta gigi untuk memaksimalkan kebersihan pori-pori.

"This tomato mask eliminates imperfections for a face without blackheads (Masker tomat ini menghilangkan ketidaksempurnaan pada wajah tanpa komedo)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @dr.steinhealth, Minggu (10/12).

Bersihkan pori dan komedo di wajah Berbagai sumber

foto: freepik.com

Tomat adalah salah satu buah yang memiliki banyak kandungan baik untuk perawatan kulit. Pasalnya buah ini memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang bermanfaat untuk menghilangkan komedo, mengatasi pori tersumbat, dan mengecilkan pori-pori wajah.

Buah warna merah yang kerap dijadikan lalapan ini memiliki enzim dan vitamin yang baik untuk eksfoliasi kulit. Bahkan tomat juga dapat membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati penyebab pori tersumbat. Bahkan tomat dapat bertindak sebagai astringen alami yang bermanfaat untuk membantu mengurangi minyak berlebih pada wajah, mengencangkan pori-pori, dan mengurangi komedo sehingga membantu mencegah jerawat.

Sementara pasta gigi juga banyak dipercaya dapat menghilangkan komedo dan mengatasi pori wajah yang tersumbat. Ini karena di dalamnya terkandung baking soda, yaitu bahan alami yang mampu mengangkat komedo membandel. Baking soda pada pasta gigi diklaim mampu mengeringkan komedo, membunuh bakteri, dan mengecilkan pori-pori yang tersumbat.

Bersihkan pori dan komedo di wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@dr.steinhealth

Nah, hanya dengan dua bahan tersebut kamu dapat membuat masker wajah yang efektif untuk mengatasi komedo dan membersihkan pori yang tersumbat. Dengan pemakaian yang rutin kamu akan mendapatkan wajah yang mulus, halus, dan bebas noda. Ini cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 1-2 Buah tomat
2. Pasta gigi secukupnya

Bersihkan pori dan komedo di wajah Berbagai sumber

foto: TikTok/@dr.steinhealth

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci tomat sampai bersih
2. Potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil
3. Haluskan kemudian saring untuk mendapatkan sari tomatnya
4. Tuangkan 3 sendok makan sari tomat pada wadah
5. Tambahkan pasta gigi kemudian aduk keduanya sampai tercampur merata
6. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih
7. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
8. Diamkan selama 5-10 menit kemudian bilas menggunakan air hangat
9. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
10. Gunakan masker ini secara rutin 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah mulus bebas komedo dan pori tersumbat.

@dr.steinhealth This tomato mask eliminates imperfections for a face without blackheads #facemask #tomatomask #blackhead #naturalremedy #naturalrecipes original sound - Doctor Stein Health

(brl/far)

tags

Advertising
Advertising
STORIES