Tak perlu pakai kunyit, ini cara mengatasi wajah kusam dan penuh noda hitam dengan 1 bahan makanan

Tak perlu pakai kunyit, ini cara mengatasi wajah kusam dan penuh noda hitam dengan 1 bahan makanan

Brilio.net - Kondisi wajah kusam dan munculnya noda hitam bukanlah persoalan baru. Pasalnya banyak wanita yang mengalami hal tersebut. Hal ini bisa dipicu oleh beberapa faktor, misalnya kebiasaan buruk sehari-hari, seperti terpapar sinar matahari terlalu lama tanpa adanya perlindungan dari sunscreen, gaya hidup kurang sehat, serta tidak melakukan perawatan kulit.

Noda hitam pada wajah bisa disebabkan flek hitam akibat paparan sinar matahari dan noda bekas jerawat. Flek hitam di wajah adalah hasil dari hiperpigmentasi, yaitu kondisi kulit di mana area kulit dengan spot hitam mengalami produksi melanin (pigmen pewarna) lebih banyak daripada area kulit lainnya.

Sementara noda bekas jerawat akan meninggalkan noda hitam yang sangat sulit untuk hilang. Biasanya, bekas ini bisa terjadi karena jerawat sengaja dipecahkan sebelum matang atau mengalami radang - mengakibatkan kerusakan pada sel-sel keratinosit basal yang merupakan bagian dari struktur kulit manusia. Alhasil, tubuh memproduksi melanin secara berlebihan yang dapat memicu hiperpigmentasi pada kulit.

Masalah tersebut diperparah dengan kondisi wajah yang kusam akibat paparan sinar matahari dan sel kulit mati yang menumpuk. Kondisi ini akan membuat wajah tampak tak menarik. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan perawatan guna mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Tak perlu pakai kunyit, meski kunyit bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah wajah berkat kandungan curcumin didalamnya, namun ada bahan lain yang tak kalah efektif lho. Seperti video yang diunggah akun TikTok @bettyaspires pada 14 Mei 2022.

Dalam videonya tersebut, pemilik akun membagikan tentang cara mengatasi wajah kusam dan penuh noda hitam dengan 1 bahan makanan. Bahan makanan yang digunakan adalah oatmeal. Selain itu, dia juga menambahkan bahan lain yaitu aloe vera gel.

"DIY SKIN REPAIR FACE MASK (DIY MASKER WAJAH PERBAIKAN KULIT)," tulisnya pada keterangan video, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @bettyaspires, Kamis (24/8).

(brl/ola)

tags

STORIES